PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI YANG DIMEDIASI OLEH MINAT INVESTASI

Studi pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana

  • Hasanudin Hasanudin Universitas Nasional Jakarta
  • Andini Nurwulandari Universitas Nasional Jakarta
  • Ronika Kris Safitri Universitas Nasional Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi dan Pelatihan Pasar Modal terhadap Keputusan investasi yang dimesiasi oleh minat investasi dengan studi dilakukan pada mahasiswa Universitas Mercu Buana. Pengumpulan data menggunakan survei dan kueioner yang di sebarkan secara online. Metode sampling yang digunakan adalah random sampling dari populasi yang berjumlah sebanyak 969 dan yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 283 responden selaku investor Bursa Efek Indonesia yang berlokasi di Galeri Investasi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Mercu Buana. Metode analisis yang digunakan adalah SEM AMOS dengan menggunakan software AMOS 22. Teknik analisis data mengunakan regresi linier berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan investasi, motivasi investasi, berpengeruh positif dan signifikan terhadap minat investasi dan keputusan investasi. Sedangkan pelatihan pasar modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat investasi, dan berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada keputusan investasi.Selanjutnya dari uji jalur menunujukan minat investasi secara positif dan signifikan memediasi pengetahuan investasi, motivasi investasi dan pelatihan pasar modal pada keputusan investasi.

References

Arieska dan Novera Herdiani. 2018. PEMILIHAN TEKNIK SAMPLING BERDASARKAN PERHITUNGAN EFISIENSI RELATIF. http: //jurnal.unimus.ac.id.
Baihaqi, M. 2016. Pengantar Psikologi Kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.
Darmawan, Kesih Kurnia, dan Sri Rejeki. 2019. PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI INVESTASI, LITERASI KEUANGAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA PENGARUHNYA TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, Vol.08, No.02.
Eko Widodo, S. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Firmansyah, Anang M. Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2018.
Gerungan, WA. 1996. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco.
Hermanto. 2017. Perilaku Mahasiswa Ekonomi di Universitas Esa Unggul dalam Melakukan Investasi di Pasar Modal. Jurnal Ekonomi. Volume 8 Nomor 2.
Hermawati, N. (2018). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi. E-ISSN: 2622-304X, P-ISSN: 2622-3031, 6.
Halim, A. (2015). Pasar Modal dan Instrumen Yang Diperdagangkan. Mitra Wacana Media.
Kusmawati. 2011. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia sebagai Variabel Moderat.
KotlerPhilip and Kevin Lane Keller.2006. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Listyani, Muhammad Rois, Slamet Prihati. 2019. Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal (Studi Pada PT Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan, 2(1).
Loundon, David L. & Albert J. Della Bitta. Consumer Behavior (New York: MC Gra-Hill Book Company, 1988).
Merawati dan I Putu Mega Juli Semara Putra. 29 – 30 Agustus 2016. LEMBAGA PENELITIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPPM) UNMAS DENPASAR. DAMPAK PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP PENGETAHUAN INVESTASI DAN MINAT BERINVESTASI MAHASISWA.
Marpaung, Esra. 2009. Analisis Minat Siswa SMA N 12 Pekanbaru Untuk Masuk Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Pekanbaru.
Merawati, L. K., dan Putra, I. P. M. J. S. 2015. DampakPelatihan Pasar Modal Terhadap Pengetahuan Investasi dan Minat Berinvestasi Mahasiswa, (11), 282–290.
Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor-Faktor YangMempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi Uisi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 61–84.
Margareta, P. A., & Wahyuni, H. C. (2016). Peningkatan Kualitas Pelatihan di Training Centre Melalui Integrasi Metode Service Quality (Serqual) dan Quality Function Deployment (QFD) Study Kasus pada PT. XYZ. Jurnal Teknik Industri, XI(3)
Pajar dan Pustikaningsih. 2017. Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal pada Mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita Edisi 1. Universitas Negeri Yogyakarta.
Puspitasari, Ika (2020, Maret 8). Selama sepekan ini, kapitalisasi pasar di bursa naik 2,78% menjadi Rp 7.101,9 triliun. 19 Desember 2020. https://investasi.kontan.co.id/news/selama-sepekan-ini-kapitalisasi-pasar-di-bursa-naik-278-menjadi-rp-71019-triliun.
Reilly, F. K., & Norton, E. A. (2007). Investments. Mason, Ohio: Thomson/South-Western.
Riko Noviantoro (2020, Maret 8). GALERI INVESTASI SARANA LATIH MAHASISWA JADI PIALANG. 27 Jan 2018. https://www.mercubuana.ac.id/id/umb-news/galeri-investasi-sarana-latih-mahasiswa-jadi-pialang
Septyanto, D. (2018). Perilaku Investor Individu Dalam Pengambilan Investasi Sekuritas Di Bursa Efek Indonesia.
Sulistyowati, N. W. (2015). Pengaruh Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi terhadap Minat Investasi dan Keputusan Investasi.
Sudirman. (2015). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. (R. Darwis, Ed.). Sultan Amal Press.
Sidik, Syahrizal (2020, Maret 8). Gokil! 10 Rekor Tercipta di Bursa Saham RI Selama 2020. 17 Desember 2020. https://www.cnbcindonesia.com/market/20201214122200-17-208896/gokil-10-rekor-tercipta-di-bursa-saham-ri-selama-2020.
Syahroh, Tarjo, Achdiar Redy Setiawan. 2019. Minat Investasi Mahasiswa pada Kompetisi Yuk Nabung Saham 2017 di Bursa Efek Indonesia (Pendekatan Mixed Methods). JRAMM, 64-77.
Salim, Peter & Salim, Yeny 1996. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Edisi Revisi. Jakarta: Modern English Press.
Suteja, J., dan Gunardi, A. (2016). Manajemen Investasi dan Portofolio. Bandung: Refika Aditama.
Setiadi Nugroho J. 2015. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenadamegia Group.
Sofyandi, H. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tandelilin, Eduardus. 2017. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: PT Kanisius.
Tandio, T., dan Widanaputra, A. A. G. P. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, Dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), 2316–2341.
Ummah, Afaful. 2020. KEPUTUSAN MAHASISWA BERINVESTASI DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Galeri Investasi Syari’ah UIN Sunan Ampel Surabaya). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA.
Veithzal Rivai. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Wibowo Ari, Purwohandoko. 2019. PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, KEBIJAKAN MODAL MINIMAL INVESTASI, DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT INVESTASI (Studi Kasus Mahasiswa FE Unesa Yang Terdaftar Di Galeri Investasi FE Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 7 Nomor 1 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Wawan, A., & M, D. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia : Dilengkapi Contoh Kuesioner. Yogyakarta.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2021-09-15
How to Cite
Hasanudin, H., Nurwulandari, A., & Safitri, R. K. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI YANG DIMEDIASI OLEH MINAT INVESTASI. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 494-512. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss3.pp494-512

Most read articles by the same author(s)