PENGARUH HARGA, PRODUK, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN PADA KEDAI KOPI COFFEE 19 CAFÉ (2020)
Abstract
Penelitian ini menganalisis Pengaruh Pengaruh Harga, Produk, Distribusi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Coffee 19 Café (2020). Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda (PLS) dengan menggunakan AMOS. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan, produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, distribusi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
References
Amelinda Sudarto dan Rani Rumita, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus PT. Pos Indonesia Kpc Surabaya Selatan), (Jurnal Penelitian: Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro: 2015)
Buchari Alma dan Ratih Hurriyati, Manajemen Corporate Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2008).
Buchari Alma, Manajemen Pemasarandan Pemasaran Jasa. (Bandung: Alfabeta.2016).
Christopher Lovelock, dkk., Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi, Jilid 1, Edisi Ketujuh, (Jakarta: Erlangga, 2010).
Darmadi Durianto, dkk. Strategi Menaklukkan Pasar. (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,2004).
Dendy Sugono dkk, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008, h. 1215
Fajar, Laksana, 2008. ManajemenPemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu
Fandy Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy. Ghozali, Imam.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
Freddy Rangkuti. Riset Pemasaran. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama2002).
Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty: Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Indriyo Gitosudarmo, Pengantar Bisnis, Edisi II, (Yogyakarta: BPFE, 1996).
Jaworski, B.J. and Kohli, A.K. (1993), “Market orientation: antecedents and consequences”, Journal of Marketing, Vol. 57, July, pp. 53-70.
Jeff Madura, Pengantar Bisnis Buku 1, Jakarta: Salemba Empat, 2001
Andalusi, R. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan instrumen penunjang laboratorium (studi kasus pada PT Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Madani, 1(2), 305–322. Diambil dari https://jurnalmadani.org/index.php/madani/article/view/16
Barrimi, M., Aalouane, R., Aarab, C., Hafidi, H., Baybay, H., Soughi, M., … McKenzie, R. B. (2013). Title No Title. Encephale, 53(1), 59–65. Diambil dari http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001
Case, H., Statistik, D., Teknik, M., Model, R., & Darwin, M. (2018). Heywood Case Data Statistics : Using The Model Respesification Technique. 74–84.
Chasanah, U. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Waroeng Pisa Purwokerto, Banyumas. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, 1–22.
Dan, K., Konsumen, L., Kasus, S., Handphone, C., & Shiba, D. I. (n.d.). 1 = 1 + 2 + 3 +.
Deddy Rakhmad Hidayat, & Firdaus, M. R. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan, Citra Perusahaan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan : (Studi Pada Pelanggan Telkom Speedy Di Palangka Raya). wawasan Manajemen, 2(3), 237–249.
Dwi, I. K. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasan (Studi pada Bengkel Ahass 0002-Astra Motor Siliwangi Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis., Vol.1, No., p37-45.
Han, J. K., Kim, N., & Srivastava, R. K. (1998). Market orientation and organizational performance: Is innovation a missing link? Journal of Marketing, 62(4), 30–45. https://doi.org/10.2307/1252285
Hartaroe, B. P., Mardani, R. M., & Abs, M. K. (2016). Prodi manajemen. 82–94.
Haryono, G. (2017). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Pt. Jambi Permata Tour Dan Travel. Jurnal Ekonomi KIAT, 28(2), 1–16.
Johar, M. R. A. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian pada Aldila Resto di Semarang. 1–13.
Jossuha, Y. I., Kartika, E. W., Hariyanto, A., Perhotelan, M., & Petra, U. K. (2010). Partial Least Square. Vi(October), 1–12.
Ma’rufah, N. A., Deuranto, P., & Silalahi, R. L. R. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Keripik Kentang Agronas Gizi Food dengan Metode Structural Equation Modelling ( SEM ) Analysis of Marketing Mix ’ s Influence on Purchase Decision of Agronas Gizi Food Potato Chips with Struc. 1–8. Diambil dari http://skripsitipftp.staff.ub.ac.id/files/2014/10/JURNAL-Nur-Amalia-Ma’rufah.pdf
Martoyo, A., & Mahardika, F. (2020). Pengaruh Promosi dan Distribusi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Tiga Serangkai Internasional Cabang Bandung. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 1. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.3612
Meike Supranoto. (2012). ( Studi empiris pada: Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di kota Semarang ) Meike Supranoto. 11.
Mustafa, H., Rehman, K. U., Ahsan, S., Zaidi, R., & Iqbal, F. (2015). Producing Just Papers or Creating Added Value Snap-Shot about Quality Systems at Hungarian SMEs. Expert Journal of Business and Management, 3(2), 111–118. https://doi.org/10.12691/jbms-3-4-2
Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Pada Online Store Lazada.Co.Id). Diponegoro Journal of Management, 5(2007), 1–13. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/14952
Nurhanifah, A., & Sutopo. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal of Management, 3, 1–10.
Nurwulandari & Darwin, M. (2018). Heywood Case Data Statistics : Using The Model Respesification Technique. 74–84.
Pongoh, M. E. (2013). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 1–5.
Prasetyo kusumo, mahendra. (2016). Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2), 107–111. https://doi.org/10.18196/jmmr.5113
Pratama, R. A., & Waluyo, M. (2020). Analisis Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aquarium Dengan Metode Sem Di Pt. Nisso Bahari Surabaya. Juminten, 1(3), 59–69. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i3.63
Putra, T. P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pembelian pada Aplikasi Daring Shopee di FEB UMS. Diambil dari http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79541
Putri, D. I., Hidayat, W., & Dewi, R. S. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pelanggan Mertojoyo Cake Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(2), 60–68. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/2181
Rahyuda, I. K., & Atmaja, N. P. C. D. (2018). Pengaruh Kewajaran Harga, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Penerbangan Domestik Gia Di Denpasar. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 15(3), 370–395. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2011.v15.i3.374
Sari, I., Anindita, R., & Setyowati, P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. Habitat, 29(2), 57–64. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7
Sasmiyarsi, W., & Meliana, V. (2019). Pengaruh Inovasi Proses T-Cash Tap Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel. Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 6(1).
Satwika, N. K. P., & Dewi, N. M. W. K. (2018). Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Bisnis. Keunggulan Kompetitif, 7(3), 1481–1509.
Sembiring, I. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(1), 84504.
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1, 755–764.
Sitio, A. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Produk dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan PT . Widodo Makmur Perkasa. Jurnal Mercu Buana, 109–121.
Sudarto, A., & Rumita, R. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus PT. Pos Indonesia Kpc Surabaya Selatan). None, 4.
Sugiono, E., Nurwulandari, A., & Khairina, F. (2021). The Effect of Promotion Mix on Sales Performance Mediated by Customer Loyalty at Paul Bakery Kota Kasablanka Jakarta. ENDLESS: Journal of Futures Studies, 4(1), 93–111.
Wijaya, A. S. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada counter HP “Jati Bird” Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1–11.
Wilis, R. A., & Nurwulandari, A. (2020). The effect of E-Service Quality , E-Trust , Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka ’ s Customer. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(3), 1061–1099.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.