PENGARUH DIRECT AND DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RAJUTAN DI CV. KAMPOENG RADJOET BINONG BANDUNG JAWA BARAT

  • Fifi Yuli Yanti Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Mayang Larasati H.L Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Perwito Perwito Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Abstract

Tujuan membuat jurnal ini adalah untuk menguraikan pengaruh direct and digital marketing terhadap keputusan pembelian Rajutan di CV. Kampoeng Radjoet Binong. Pesatnya usaha industri rajut di beberapa daerah saat ini meningkat karena banyaknya rakyat yang mulai menyukai fashion yang terbuat dari bahan rajutan ini. Semakin banyak perusahaan yang mulai menginjakkan kaki di bidang serupa membuat meningkatnya para pesaing yang serius antara perusahaan dengan perusahaan lain. Salah satu metode yang mesti kami kembangkan adalah dengan menggunakan trik promosi yang tepat untuk memikat daya beli konsumen potensial. CV. Kampoeng Radjoet Binong adalah produsen rajut dengan menggunakan metode merk dagang, CV Kampoeng Radjoet Binong menggunakan tiga bentuk direct and digital marketing yaitu Telemarketing, Online Marketing dan Face to Face Selling. Penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan kuantitatif uraian menggunakan regresi linier berganda, dimana Telemarketing, Online Marketing dan Face to Face Selling sebagai faktor bebas dan pilihan pembelian sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada 100 responden yang pernah membeli produk rajut di CV. Kampoeng Radjoet Binong. Kesimpulan dari jurnal ini adalah direct marketing yang terdiri dari face to face selling, telemarketing dan online marketing mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian CV.Kampoeng Radjoet Binong sehingga terdapat hubungan yang positif dan kuat antar kedua variable.

References

Ainul, F. N. A., Susyanti, J., & Mardani, R. M. (2017). PENGARUH PREMI, KLAIM, HASIL UNDERWRITING, INVESTASI DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN ASET PADA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA. E – Jurnal Riset Manajemen, PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Unisma. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/136
Junaidi, N., Waryono, W., & Abrian, Y. (2017). PENGARUH DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMAR DI HOTEL GRAND ROCKY BUKITTINGGI. Home Economics and Tourism a Social Sciences Journal, Univesitas Negeri Padang., 15, nomer. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/view/10645
Kemenparekraf. (2020, August 11). Distro, Merek Fashion Lokal yang Terus Bertumbuh. Https://Kemenparekraf.Go.Id/Ragam-Ekonomi-Kreatif/Distro%2C-Merek-Fashion-Lokal-Yang-Terus-Bertumbuh.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles Of Marketing. Pearson Education.
Liana, S., & Suryawardani, B. (2018). Pengaruh Telemarketing Terhadap Keputusan Pembelian. EProceedings of Applied Science, Manajemen Pemasaran, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom. openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/7136
Oktavania, W. P. (2019). Pengaruh Pemasaran Langsung dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Lip Cream Di Tokopedia. EXPOSE JURNAL IMU KOMUNIKASI , London School of Public Relation Jakarta. http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index.php/EXPOSE/article/view/543
Permana, D. indra. (2017). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LANTAI KAYU DAN PINTU PT.PIJI DI JAWA TIMUR. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, Universitas Ciputra Surabaya., Volume 2,. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/444/397
Priansa, J. D. (2017). perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. ALFABETA,CV.
Purnama, R., & Pralina, A. R. (2016). PENGARUH DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN THE CENTRUM BANDUNG. The Journal Tourisme And Hospitality Essentials Juornal, Manajemen Pemasaran Pariwisata, FPIPS UPI, 6, nomer 1. https://ejournal.upi.edu/index.php/thejournal/article/view/2008
Setiadi, Y. W. (2021). PENGARUH MARKETING ONLINE DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pembelian Produk Labbaik Chicken). (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/jems/article/view/1382
Setiawan, H., & Bustan, J. (2017). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan dan Pemasaran Langsung Terhadap Keputusan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi , Jurusan Administrasi Bisnis,Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia., Vol. 3,(ISSN 2460-8211). https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/an/article/view/541/1073
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, cv.
Tjiptono, F. (2016). pemasaran esensi & aplikasi. C.V ANDI OFFESET.
Yalanda, R. R., & Sadeli, A. H. (2019). Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Arabika Malabar Mountain Coffee Studi Kasus pada konsumen. PT. Sinar Mayang Lestari, Universitas Padjadjaran. Performance Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Infromasi , Universitas Padjadjaran., 26 no 1. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/1413
Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmiah Mnajamene Ekonomi & Akuntansi (STIEM), STIE Muhammadiyah Bandung., vol 2 no 1. http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/52
Published
2021-09-11
How to Cite
Yanti, F. Y., Larasati H.L, M., & Perwito, P. (2021). PENGARUH DIRECT AND DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RAJUTAN DI CV. KAMPOENG RADJOET BINONG BANDUNG JAWA BARAT. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 323-338. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss3.pp323-338