PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS INDUSTRI PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2019

  • Andini Nurwulandari Universitas Nasional Jakarta

Abstract

Nilai solid berfungsi untuk meningkatkan profit perusahaan yang diperoleh sebagai informasi keuangan perusahaan dari laporan keuangan. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Jenis data berupa data sekunder. Dalam penelitian ini dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data. Analisis deskriptif, analisis statistik (linier berganda), white test dan autocore merupakan pendekatan analitik yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan: 1) leverage tidak memunyai pengaruh terhadap persediaan BEI properti industri atau properti, 2) variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap persediaan BEI atau properti properti industri, dan 3) likuiditas berpengaruh terhadap harga persediaan BEI. Semakin tinggi likuiditas, maka semakin tinggi harga sahamnya.

References

Adnyana, I., & Nurwulandari, A. (2020). Empirical Examination of Intersectoral Linkages Between Tourism and Regional Economy by Using the Social Accounting Matrix. International Journal of Economics & Business Administration (IJEBA), 8(1), 425-432.
Astriani, E. F. (2014). Pengaruh kepemilikan manajerial, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan investment opportunity set terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi, 2(1).
Fajaria, A. Z., & Isnalita, N. I. D. N. (2018). The Effect of Profitability, Liquidity, Leverage and Firm Growth of Firm Value with its Dividend Policy as a Moderating Variable. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 6(10), 55-69.
Fang, V. W., Noe, T. H., & Tice, S. (2017). Stock market liquidity and firm value. Journal of financial Economics, 94(1), 150-169.
Mawaddah, T., & Nurwulandari, A. (2019). Pengaruh Indeks KLCI, STI, SET, Dan PSEI (Integrasi AFTA) Terhadap IHGS. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(2).
Melati, M., & Nurwulandari, A. (2019). Analisis Reaksi Pasar terhadap Stock Split pada Perusahaan Bertumbuh dan Tidak Bertumbuh. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2).
Noer, M., Saribanon, N., & Nurwulandari, A. (2017). Business Model Analysis of Natural Production Forest with Sustainable Forest Management Approach. Geografia-Malaysian Journal of Society and Space, 13(1).
Nurwulandari, A., & Darwin, M. (2020). Heywood Case Data Statistik: Menggunakan Teknik Respesifikasi Model. Nucleus, 1(2), 78-84.
Pattiruhu, J. R., & Paais, M. (2020). Effect of liquidity, profitability, leverage, and firm size on dividend policy. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(10), 35-42.
Prasetyorini, B. F. F. (2013). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, price earning ratio dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1).
Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen, 5(2).
Purnasiwi, J., & Sudarno, S. (2019). Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Putra, A. W. Y., & Badjra, I. B. (2015). Pengaruh leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. E-Jurnal Manajemen, 4(7).
Ratnasari, L., & Budiyanto, B. (2016). Pengaruh Leverage, likuiditas, Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada perusahaan otomotif di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6).
Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 5(7).
Sari, P. I. P., & Abundanti, N. (2014). Pengaruh pertumbuhan perusahaan dan leverage terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 3(5).
Sari, R. A. I., & Priyadi, M. P. (2016). Pengaruh leverage, profitabilitas, size, dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(10).
Sutama, D., & Lisa, E. (2018). Pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 10(1), 21-39.
Tahu, G. P., & Susilo, D. D. B. (2017). Effect of liquidity, leverage and profitability to the firm value (dividend policy as moderating variable) in manufacturing company of indonesia stock exchange. Research Journal of Finance and Accounting, 8(18), 89-98.
Wilis, R. A., & Nurwulandari, A. (2020). The effect of E-Service Quality, E-Trust, Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka's Customer. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 1061-1099.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2019-04-13
How to Cite
Nurwulandari, A. (2019). PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS INDUSTRI PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2019. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 302-315. https://doi.org/10.31955/mea.v3i1.1083