https://journal.stiemb.ac.id/index.php/semar/issue/feedJurnal SEMAR : Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu2019-12-14T16:09:44+07:00Abin Suarsaabinsuarsa@stiemb.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal SEMAR Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Jurnal ini berisikan hasil penelitian yang akan diterbitkan berkala 3 kali dalam 1 tahun (April, Agustus, dan Desember).</p>https://journal.stiemb.ac.id/index.php/semar/article/view/234PENERAPAN PSAK NO.45 DALAM MENINGKATKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN PADA SMP HIKMAH TELADAN BANDUNG2019-12-04T14:28:11+07:00Nefi Siti Nurrahmahnefi.nurrahmah123@gmail.comIa Kurniaiakurnia2009@gmail.comAbin Suarsaabinsuarsa@stiemb.ac.id<p>TujuanaPenelitian iniauntuk mengetahui pelaporanakeuangan SMP Hikmah Teladan, menganalisis kesesuaian laporan keuangan SMP Hikmah Teladan dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.45, dan mengetahui laporan keuangan yang transparan dan akuntabel berdasarkan PSAK No.45. Metodeapenelitian yangadigunakan ialah metodeapenelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah laporan penerimaan dan pengeluaran kas SMP Hikmah Teladan. Data primer merupakan data yangadigunakan dengan jenis data kuantitatifadan kualitatif yang dikumpulkan lewat wawancara, observasi dan dokumentasi. Model MilesadanaHuberman digunakan dalam teknis analisis data. Validitas data dilakukan dengan uji kredibilitas data. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa pelaporan keuangan SMP Hikmah Teladan belum berdasarkan PSAK No.45, melainkan hanya penerimaanadan pengeluaran kas. Laporanakeuangan berdasarkan PSAK No.45 meliputi laporan posisiakeuangan, laporanaaktivitas, laporanaarus kas, dan catatanaatas laporan keuangan. Penerapan PSAK No.45 diperlukan guna meningkatkan transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan SMP Hikmah Teladan.</p>2019-12-04T14:26:52+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.stiemb.ac.id/index.php/semar/article/view/235PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN SEKOLAH DASAR ISLAM BINAR INDONESIA BANDUNG2019-12-04T15:44:30+07:00Nugrahanum Illanisahanumillanisa117@gmail.comWandy Zulkarnaenwandy.zulkarnaen@stiemb.ac.idAsep Suwanaasep.suwarna1170@gmail.com<p>Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Sekolah Dasar Islam Binar Indonesia Bandung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif verifikatif dengan menggunakan jumlah keseluruhan karyawan yang ada untuk dijadikan sebagai responden penelitian. Dan dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antara Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Sekolah Dasar Islam Binar Indonesia Bandung diliat dari hasil metode Regresi Linier Sederhanna dan Uji T. Dan dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui hasil pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan sebesar 64,4% dan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Dan juga diketahui persamaan struktur Y = 15.265 + 0,668 X.</p>2019-12-04T15:44:30+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.stiemb.ac.id/index.php/semar/article/view/240PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PDAM TIRTAWENING KOTA BANDUNG2019-12-14T06:19:51+07:00Putri Andrianiputrindrn21@gmail.comAbin Suarsaabinsuarsa@gmail.comYuniati Yuniatiyuniati@stiemb.ac.id<p>Penelitian ini ditujukan untuk melihat Pengaruh Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Manfaat dalam penelitian ini salah satunya menambah pengetahuan dan memperluas wawasan penulis, memberikan informasi yang bermanfaat atau masukan kepada PDAM Tirtawening Kota Bandung mengenai Pengendalian internal dan Kualitas laporan keuangan, dan diharapkan dapat menjadi referensi untuk pengkajian dan penelaahan lebih lanjut mengenai permasalahan yang sama ataupun sebagai bahan kepustakaan.</p> <p>Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan diolah menggunakan <em>software</em> SPSS. Populasi didalam penelitian ini merupakan seluruh bagian Keuangan dan bagian SPI yang keseluruhannya berjumlah 31 orang. Teknik pengembilan sampel menggunakan metode sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu analisis regresi linier sederhana.</p> <p>Hasil pengujian statistik memperlihatkan bahwa pengendalian internal memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan di PDAM Tirtawening Kota Bandung menghasilkan nilai persamaan regresi Y = 1,099 + 0,348 X dan hasil koefisien determinasi 45,6%. Dapat diketahui dari hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh antara Pengendalian Internal terhadap Kualitas laporan keuangan di PDAM Tirtawening Kota Bandung.</p>2019-12-08T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.stiemb.ac.id/index.php/semar/article/view/241PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG DI ITC KEBON KALAPA BANDUNG2019-12-14T06:18:50+07:00Asep SarippudinSaripudina74@gmail.comIis Dewi Fitrianiiisdewi98@gmail.comWandy Zulkarnaenwandy.zulkarnaen@stiemb.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap proses keputusan pembelian <em>Handphone</em> Samsung pada Silsa Cell, Denis Cell, Bening Cell di ITC Kebon Kalapa Bandung.</p> <p> Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif yang pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data guna memprediksi dan menjelaskan hubungan atau pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lainnya, dengan pendekatan penelitian deskriptif dan analisis verifikatif. Dengan menggunakan metode penelitian akan diketahui pengaruh yang signifikan variabel yang diteliti sehingga kesimpulan yang akan memperjelas mengenai objek yang diteliti, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen <em>handphone </em>Samsung di Silsa Cell, Denis Cell dan Bening Cell di ITC Kebon Kalapa Bandung sebanyak 194 responden.</p> <p> Alat instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji realibilitas. dan Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana.</p> <p> Berdasarkan Hasil Uji Deskriptif menunjukan secara umum <strong>Citra Merek</strong> dan <strong>Proses Keputusan Pembelian </strong>yang di lakukan oleh Silsa Cell, Denis Cell dan Bening Cell secara keseluruhan dinilai <strong>Baik </strong>oleh konsumen. </p> <p><strong> </strong>Persamaan regresi menunjukan Y=16,178+0,391X, dan diketahui bahwa nilai korelasi sebesar 0,435 (43,5%) dengan demikian terdapat hubungan positif dengan kategori <strong>sedang</strong>. Sedangkan besarnya pengaruh dengan menggunakan Koefisien Determinasi di dapat R square sebesar 18,9%, sedangkan sisanya 81,1% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini, seperti harga, tempat, dan sebagainya. Berdasarkan hasil Uji Hipotesis bahwa t hitung 6,691 > t tabel 1,653 yang artinya bahwa HO di tolak HI diterima, artinya kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan citra merek terhadap proses keputusan pembelian.</p>2019-12-08T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.stiemb.ac.id/index.php/semar/article/view/247MORAL PAJAK : SEBUAH OPSI PENINGKATAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DAN DAMPAKNYA TERHADAP EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA “X” DI JAWA BARAT2019-12-14T08:24:36+07:00Siti Solihatsolihatsiti931@gmail.comYuniati Yuniatiyuniati@stiemb.ac.idRustandi Rustandirustandi@stiemb.ac.id<p>Dilakukannya penelitian ini dengan maksud dan tujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh moral pajak terhadap efektivitas penerimaan pajak penghasilan orang pribadi melalui kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bermanfaat khususnya untuk penulis agar dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan, memberi masukan yang bermanfaat bagi kantor pelayanan pajak pratama X di jawa barat mengenai moral pajak, kepatuhan wajib pajak serta efektivitas penerimaan pajak penghasilan orang pribadi, serta manfaat lain dapat menjadi referensi dan bahan kajian lebih lanjut untuk peneliti selanjutnya.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan yaitu metode <em>path analysis</em>, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara penyebaran kuesioner kepada seluruh pegawai pajak kantor pajak X yang berjumlah 70 responden.</p> <p>Hasil dengan metode <em>path analysis</em> yang di bantu dengan SPSS 16 memperlihatkan hasil moral pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi sebesar 27,2%. Moral pajak dan kepatuhan wajib pajak berpengaruh terhadap efektivitas penerimaan pajak penghasilan orang pribadi sebesar 54,1%. Secara langsung moral pajak memberi pengaruh sebesar 43,1% dan secara tidak langsung memberi pengaruh sebesar 21,5% terhadap efektivitas penerimaan pajak penghasilan orang pribadi melalui kepatuhan wajib pajak.</p> <p> </p>2019-12-14T07:36:20+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.stiemb.ac.id/index.php/semar/article/view/248ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE”“FULL COSTING, VARIABLE COSTING DAN ACTIVITY BASED”COSTING UNTUK PENENTUAN HARGA JUAL”PRODUK PADA ROLASZ GROUP2019-12-14T08:22:42+07:00Aries Sunandaaries.sunanda@gmail.comYuniati Yuniatiyuniati@stiemb.ac.idVerawaty VerawatyVerawaty@stiemb.ac.id<p><strong>ABSTRAK:</strong> Pada dasarnya, semua pelaku bisnis pasti mengharapkan laba yang optimal atas usahanya. Laba optimal yang dihasilkan tersebut sangat dipengaruhi oleh seberapa besar harga jual, seberapa banyak volume penjualan, dan berapa harga pokok produksinya. Harga jual adalah jumlah dari biaya penuh ditambah persentase laba yang diharapkan, volume penjualan adalah jumlah seberapa banyak produk yang telah terjual, sedangkan harga pokok produksi adalah jumlah dari semua biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat produk.</p> <p> Penelitianan ini dilakukan bertujuan untuk menganalisa tentang bagaimana perhitungan harga pokok produksi yang digunakan oleh Rolasz Group berikut perhitungan harga jual produknya. Jenis metode penelitian yang akan digunakan dalam metode penelitian yang akan digunakan adalah metode kualitatif. Dalam metode kualitatif, semua data hasil penelitian akan di deskripsikan sehingga dapat mempermudah pembaca lainnya untuk memahami.</p> <p> Kesimpulkan dari hasil penelitian ini adalah bahwa metode perhitungan biaya produksi dan harga jual yang digunakan oleh Rolasz Group hasilnya sama dengan perhitungan metode <em>full costing. </em>Perhitungan yang menggunakan metode<em> full costing </em>hasilnya lebih tinggi dari perhitungan metode <em>variable costing, </em>sedangkan hasil perhitungan dengan metode <em>variable costing</em> hasilnya lebih tinggi dari perhitungan menggunakan metode <em>activity based costing.</em></p>2019-12-14T08:22:42+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.stiemb.ac.id/index.php/semar/article/view/249PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN PROBIOTIK YAKULT DI KALANGAN MAHASISWA STIE MUHAMMADIYAH BANDUNG2019-12-14T16:09:44+07:00Mulya Ningsihayamulya26@gmail.comIis Dewi Fitrianiayamulya26@gmail.comYayan Sofyanayamulya26@gmail.com<p>Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk minuman probiotik Yakult di kalangan mahasiswa STIE Muhammadiyah Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif dan analisis verifikatif.</p> <p>Dengan menggunakan metode penelitian akan diketahui pengaruh yang signifikan antara variabel yang diteliti sehingga kesimpulan yang akan memperjelas gambaran mengenai objek yang ditelliti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 61 mahasiswa. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan ekuitas merek di kalangan mahasiswa STIE Muhammadiyah Bandung berada dalam kategori <strong>sangat baik</strong>, sedangkan keputusan pembelian berada dalam kategori <strong>sangat baik,</strong> menurut tanggapan responden. Berdasarkan penelitian, maka peneliti mendapatkan bahwa nilai R <em>square,</em> yang dianggap dapat mewakili koefisien determinasi adalah 0.828, yang berarti sebesar 82,8% dari keputusan pembelian yang dilakukan oleh responden dipengaruhi oleh ekuitas merek. Sedangkan sisanya sebesar 17,2% terdapat pengaruh dari luar yang tidak diteliti oleh peneliti, sedangkan dalam uji hipotesis peneliti menemukan bahwa nilai signifikasi hitung sebesar 0,000, yang memiliki nilai lebih kecil dari pada α = 0.05 hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara ekuitas merek terhadap keputusan pembelian.</p>2019-12-14T16:09:44+07:00##submission.copyrightStatement##