PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN PROBIOTIK YAKULT DI KALANGAN MAHASISWA STIE MUHAMMADIYAH BANDUNG
Abstract
Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk minuman probiotik Yakult di kalangan mahasiswa STIE Muhammadiyah Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif dan analisis verifikatif.
Dengan menggunakan metode penelitian akan diketahui pengaruh yang signifikan antara variabel yang diteliti sehingga kesimpulan yang akan memperjelas gambaran mengenai objek yang ditelliti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 61 mahasiswa. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan ekuitas merek di kalangan mahasiswa STIE Muhammadiyah Bandung berada dalam kategori sangat baik, sedangkan keputusan pembelian berada dalam kategori sangat baik, menurut tanggapan responden. Berdasarkan penelitian, maka peneliti mendapatkan bahwa nilai R square, yang dianggap dapat mewakili koefisien determinasi adalah 0.828, yang berarti sebesar 82,8% dari keputusan pembelian yang dilakukan oleh responden dipengaruhi oleh ekuitas merek. Sedangkan sisanya sebesar 17,2% terdapat pengaruh dari luar yang tidak diteliti oleh peneliti, sedangkan dalam uji hipotesis peneliti menemukan bahwa nilai signifikasi hitung sebesar 0,000, yang memiliki nilai lebih kecil dari pada α = 0.05 hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara ekuitas merek terhadap keputusan pembelian.