ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE”“FULL COSTING, VARIABLE COSTING DAN ACTIVITY BASED”COSTING UNTUK PENENTUAN HARGA JUAL”PRODUK PADA ROLASZ GROUP

“( Studi Kasus Pada Usaha Konfeksi Rolasz Group )

  • Aries Sunanda STIE Muhammadiyah Bandung
  • Yuniati Yuniati STIE Muhammadiyah Bandung
  • Verawaty Verawaty STIE Muhammadiyah Bandung
Keywords: harga pokok produksi, harga jual, full costing, variable costing, activity based costing

Abstract

ABSTRAK: Pada dasarnya, semua pelaku bisnis pasti mengharapkan laba yang optimal atas usahanya. Laba optimal yang dihasilkan tersebut sangat dipengaruhi oleh seberapa besar harga jual, seberapa banyak volume penjualan, dan berapa harga pokok produksinya. Harga jual adalah jumlah dari biaya penuh ditambah persentase laba yang diharapkan, volume penjualan adalah jumlah seberapa banyak produk yang telah terjual, sedangkan harga pokok produksi adalah jumlah dari semua biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat produk.

     Penelitianan ini dilakukan bertujuan untuk menganalisa tentang bagaimana perhitungan harga pokok produksi yang digunakan oleh Rolasz Group berikut perhitungan harga jual produknya. Jenis metode penelitian yang akan digunakan dalam metode penelitian yang akan digunakan adalah metode kualitatif. Dalam metode kualitatif, semua data hasil penelitian akan di deskripsikan sehingga dapat mempermudah pembaca lainnya untuk memahami.

            Kesimpulkan dari hasil penelitian ini adalah bahwa metode perhitungan biaya produksi dan harga jual yang digunakan oleh Rolasz Group hasilnya sama dengan perhitungan metode full costing. Perhitungan yang menggunakan  metode full costing hasilnya lebih tinggi dari perhitungan metode variable costing, sedangkan hasil perhitungan de­­ngan metode variable costing hasilnya lebih tinggi dari perhitungan menggunakan metode activity based costing.

Published
2019-12-14