PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG DI ITC KEBON KALAPA BANDUNG

  • Asep Sarippudin STIE Muhammadiyah Bandung
  • Iis Dewi Fitriani STIE Muhammadiyah Bandung
  • Wandy Zulkarnaen STIE Muhammadiyah Bandung
Keywords: citra merek, keputusan membeli

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap proses keputusan pembelian Handphone Samsung pada Silsa Cell, Denis Cell, Bening Cell di ITC Kebon Kalapa Bandung.

      Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif yang pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data guna memprediksi dan menjelaskan hubungan atau pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lainnya, dengan pendekatan penelitian deskriptif dan analisis verifikatif. Dengan menggunakan metode penelitian akan diketahui pengaruh yang signifikan variabel yang diteliti sehingga kesimpulan yang akan memperjelas mengenai objek yang diteliti, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen handphone Samsung di Silsa Cell, Denis Cell dan Bening Cell di ITC Kebon Kalapa Bandung sebanyak 194 responden.

      Alat instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji realibilitas. dan Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana.

       Berdasarkan Hasil Uji Deskriptif menunjukan secara umum Citra Merek dan Proses Keputusan Pembelian yang di lakukan oleh Silsa Cell, Denis Cell dan Bening Cell secara keseluruhan dinilai Baik oleh konsumen.   

       Persamaan regresi menunjukan Y=16,178+0,391X, dan diketahui bahwa nilai korelasi sebesar 0,435 (43,5%) dengan demikian terdapat hubungan positif dengan kategori sedang. Sedangkan besarnya pengaruh dengan menggunakan Koefisien Determinasi di dapat R square sebesar 18,9%, sedangkan sisanya 81,1% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini, seperti harga, tempat, dan sebagainya. Berdasarkan hasil Uji Hipotesis bahwa t hitung 6,691 > t tabel 1,653 yang artinya bahwa HO di tolak HI diterima, artinya kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan citra merek terhadap proses keputusan pembelian.

Published
2019-12-08