PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTSNSI E-COMMERCE DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL MODERASI

SURVEI MAHASISWA AKUNTANSI DI KOTA MALANG

  • Ario Ghunayanto UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Ditya Permatasari UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang

Abstract

Peneliti ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akuntansi, e-commerce, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dan peran motivasi berwirausaha dalam memoderasi pengaruh sistem informasi akuntansi, e-commerce, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha studi kasus mahasiswa akuntansi di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa akuntansi di Kota Malang tahun 2024, sampel pada penelitian ini yaitu 105 responden dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada responden secara langsung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 26. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa akuntansi di Kota Malang, e-commerce dan pengetahuan kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa akuntansi di Kota Malang, motivasi berwirausaha tidak dapat memoderasi pengaruh sistem informasi akuntansi, e-commerce, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada survei mahasiswa akuntansi di Kota Malang. Penelitian ini memberikan implikasi bagi mahasiswa akuntansi di Kota Malang untuk menanamkan minat dan memulai kegiatan berwirausaha dengan menerapkan sistem informasi akuntansi, e-commerce, dan pengetahuan kewirausahaan.

References

Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878–893. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317
Aini, Q., & Oktafani, F. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151–159. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2.3845
Aldila Krisnaresanti, Karina Odia Julialevi, Lina Rifda Naufalin, & Aldila Dinanti. (2020). Analysis of Entrepreneurship Education in Creating New Entrepreneurs. International Journal of Entrepreneurial Knowledge, 8(2), 67–76. https://doi.org/10.37335/ijek.v8i2.112
Anugrah, W. R., Rusliyawati, & Ginting, R. (2023). Berpengaruhkah E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Tanjungpura? Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 11(1), 63–77. https://doi.org/10.21067/jrma.v11i1.8245
Arini. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan dan Tingkat Relgiusitas Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Motivasi Berwirausaha Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis IslamIAINSalatiga). http://perpus.iainsalatiga.ac.id/lemari/fg/free/pdf/?file=http://perpus.iainsalatiga.ac.id/g/pdf/public/index.php/?pdf=13922/1/SKRIPSI ARINI-0032
Badan Pusat Statistik. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTQzIzI=/tingkat-pengangguran-terbuka--agustus-2023.html
Bharata, W. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Usaha terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 98. https://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3985
Endaryati, E. (2021). Sistem Informasi Akuntansi. In Yayasn Prima Agus Teknik.
Gultom, E. (2021). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru). Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 40–46. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/788/524%0Ahttps://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/788
Indahsari, T., & Yuliati, A. (2022). Pengaruh E-Commerce Dan Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 452–471. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2356
Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2015). Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:231475633
Irda. (2019). Jurnal Sains dan Seni ITS. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 53(1), 1689–1699. https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106%0A
Istinaroh. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sumpiuh. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 1–76.
Michael Jonatan Sihombing, H. S. U. (2021). Pengaruh e-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Pendahuluan Michael Jonatan Sihombing dan Hari Sul. Sosains.Greenvest, 1(April), 309–321.
Nilamsari, A., Maslichah, & Sari, A. F. K. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha Dimasa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang). E-Jra, 11(09), 84–92.
Pitriyani, & Kasmi. (2019). Pengembangan Aplikasi E-Commerce Sebagai Media Pemasaran. Informasi, Jurusan Sistem, 1(9), 425–433.
Prasetyo. (2021). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Akuntansi, Budaya Organisasi dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 370–383. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.102
Prof. Dr. Imam Ghozali, M.Com, A. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20 -6/E (6th ed.). https://digilib.undip.ac.id/2012/10/04/aplikasi-analisis-multivariate-dengan-program-spss2/
Ramadhika Dwi Poetra. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Rapika S. (2021). Pengaruh E-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Jurnal Akuntansi.
Sanusi, A. (2011). Metodologi peneltian Bisnis. https://scholar.google.com.tw/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=_nBfrBQAAAAJ&citation_for_view=_nBfrBQAAAAJ:u_35RYKgDlwC
Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:150206596
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/206060/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-r-d.html
Syaifudin, A. (2017). Pengaruh Kepribadian, LIngkungan Keluarga dan Berwirausaha Mahasiswa Akutansi. Jurnal Profita Edisi 8, 3, 1–18. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/profita/article/view/9958/9559
Wardhani dan Rachmawati. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Motivasi terhadap Minat Untuk Berwirausaha Mahasiswa IKIP PGRI Jember. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 52. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3836
Yasin, A. F. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, E-Commerce, Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Minat Berwirausaha Pasca Pandemi Covid-19 Studi Penelitian Pada Wanita Generasi Z Di Kota Med. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.59832/jpmk.v3i1.165
Yeni, R. I. (2022). PENGARUH E-COMMERCE, SOCIAL MEDIA DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Teknologi Informasi Akuntansi, 3(2), 664–675. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAKTADOI:https://doi.org/10.36085/jakta.v2i1http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAKTA/
Published
2024-11-05
How to Cite
Ghunayanto, A., & Permatasari, D. (2024). PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTSNSI E-COMMERCE DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 1628-1654. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4620
Section
Articles