FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POST USE TRUST DAN CONTINUOUS USE INTENTION APLIKASI SATU SEHAT

  • Indrajati Wahyuningtyastuti Universitas Telkom, Bandung
  • Candiwan Candiwan Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Satu sehat yang merupakan layanan Kesehatan publik yang disediakan pemerintah Indonesia untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Satu sehat yang awalnya digunakan pada masa pandemi Covid-19 dengan nama Peduli Lindungi sempat memiliki jumlah pengguna mencapai 105 juta pengguna akan tetapi pada Maret 2023 turun drastis menjadi 1 juta pengguna saja. Pada penelitian ini akan menyelidiki dan menganalisis dampak dari perceived service quality, perceived risk, trust in government, dan trust in internet terhadap post use trust Aplikasi Satu Sehat/Peduli Lindungi dan dampak dari post use trust, perceived usefulness, dan satisfaction terhadap niat penggunaan berkelanjutan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui kuesioner online dan mencapai jumlah sampel sejumlah 256 orang untuk pengguna Satu Sehat/Peduli Lindungi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang mempengaruhi  post use trust meliputi perceived risk, trust in government, dan trust in internet serta yang mempengaruhi niat penggunaan berkelanjutan meliputi post use trust, satisfaction, dan perceived usefullness. Sehingga pada penelitian ini menyimpulkan bahwa niat pengggunaan berkelanjutan belum terlalu tinggi. Sehingga pada penelitian ini menyarankan penyebaran atau sosialisasi terkait aplikasi layanan kesehatan publik satu sehat ini dilakukan lebih meluas dengan diberikan sosialisasi serta bantuan teknis penggunaan.

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) - Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.
Aditya, I. A., Haryadi, F. N., Haryani, I., Rachmawati, I., Ramadhani, D. P., Tantra, T., & Alamsyah, A. (2023). Understanding service quality concerns from public discourse in Indonesia state electric company. Heliyon, 9(8). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e18768
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt Marko. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.
Indrawati, & Amalia, F. (2019). The Used of Modified UTAUT 2 Model to Analyze The Continuance Intention of Travel Mobile Application. International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT).
Indrawati, Khairunnisa, B., & Muthaiyah, S. (2021). Understanding Factors Influencing Continuance Intention Of Users Toward Community-Based Traffic And Navigation Application In Indonesia. Tuskish Journal of Computer and Mathematic Education, 12.
Kanaan, A., Al-Hawamleh, A., Abulfaraj, A., Al-Kaseasbeh, H. M., & Alorfi, A. H. (2023). The effect of quality, security and privacy factors on trust and intention to use e-government services. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 185–198. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.11.004
Khan, S., Rahim, N. Z. A., & Maarop, N. (2020). A systematic literature review and a proposed model on antecedents of trust to use social media for e-government services. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 7(2), 44–56. https://doi.org/10.21833/ijaas.2020.02.007
Laurence, S., & Candiwan. (2020). The Role of Trust Toward Continuance Usage Intention of Mobile payment with Gender as Moderation. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13, 64–73.
Li, W., & Xue, L. (2021). Analyzing the critical factors influencing post-use trust and its impact on Citizens’ continuous-use intention of E-Government: Evidence from Chinese municipalities. Sustainability (Switzerland), 13(14). https://doi.org/10.3390/su13147698
Maheswara, D. , A. (2023, August 29). Sektor Pemerintahan Masih Rawan Serangan Siber. Detik.
Mensah, I. K., Zeng, G., & Luo, C. (2020). E-Government Services Adoption: An Extension of the Unified Model of Electronic Government Adoption. SAGE Open, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020933593
Mishra, A., Shukla, A., Rana, N. P., Currie, W. L., & Dwivedi, Y. K. (2023). Re-examining post-acceptance model of information systems continuance: A revised theoretical model using MASEM approach. International Journal of Information Management, 68. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2022.102571
Nguyen, T. T. U., Nguyen, P. Van, Huynh, H. T. N., Vrontis, D., & Ahmed, Z. U. (2023). Identification of the determinants of public trust in e-government services and participation in social media based on good governance theory and the technology acceptance model. Journal of Asia Business Studies. https://doi.org/10.1108/JABS-04-2023-0160
Nookhao, S., & Kiattisin, S. (2023). Achieving a successful e-government: Determinants of behavioral intention from Thai citizens’ perspective. Heliyon, 9(8). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e18944
Reskyana, N., & Candiwan. (2020). Analysis of Factors Affecting Continuance Usage Intention of Linkaja Applications. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4.
Sasongko, D. T., Handayani, P. W., & Satria, R. (2021). Analysis of factors affecting continuance use intention of the electronic money application in Indonesia. Procedia Computer Science, 197, 42–50. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.116
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian (6th ed.). Salemba Empat.
Setyowati, D. (2023, March 1). PeduliLindungi Ganti Nama Jadi Satu Sehat, Berapa Jumlah Pengguna? Katadata. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/63fde766013d4/pedulilindungi-ganti-nama-jadi-satu-sehat-berapa-jumlah-pengguna
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, P., Hoque, M. E., Nisaa, V., Islam, M. A., & Kamarulzaman, Y. (2023). Predicting m-Commerce Continuance Intention and Price Sensitivity in Indonesia by Integrating of Expectation-Confirmation and Post-acceptance Model. SAGE Open, 13(3). https://doi.org/10.1177/21582440231188019
Triatmojo, D. (2023, July 22). ICSF: Ratusan Warga Garut Kena Pinjol Jadi Dampak Nyata Kebocoran Data Pribadi. Tribunnews. https://www.tribunnews.com/nasional/2023/07/22/icsf-ratusan-warga-garut-kena-pinjol-jadi-dampak-nyata-kebocoran-data-pribadi
Widi, S. (2023, July 6). Deret Kasus Kebocoran Data RI pada 2023, dari BSI hingga Paspor. DataIndonesia. https://dataindonesia.id/internet/detail/deret-kasus-kebocoran-data-ri-pada-2023-dari-bsi-hingga-paspor
Yan, M., Filieri, R., Raguseo, E., & Gorton, M. (2021). Mobile apps for healthy living: Factors influencing continuance intention for health apps. Technological Forecasting and Social Change, 166. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120644
Yustan, M., Firdaus, A., & Rachmawati, I. (2024). The Influence of E-Service Quality on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction Among Livin’ by Mandiri Users. International Journal of Social Science and Business, 8, 142–150. https://doi.org/10.23887/ijssb.v8i1.69777
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-07-30
How to Cite
Wahyuningtyastuti, I., & Candiwan, C. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POST USE TRUST DAN CONTINUOUS USE INTENTION APLIKASI SATU SEHAT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 2281-2306. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4327