PERENCANAAN APLIKASI PENGEMBANGAN DIRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING

STUDI KASUS : KELURAHAN LPDP IPB 11.0 KABINET BERDAMPAK

  • Wawan Wawan School of Business IPB University, Indonesia
  • Irfan Fauzi Wiryawan School of Business IPB University, Indonesia http://orcid.org/0009-0000-5645-0543
  • Ahmad Fauzan Nasrulloh School of Business IPB University, Indonesia https://orcid.org/0009-0000-4222-3008
  • Asep Taryana Sujana School of Business IPB University, Indonesia

Abstract

Di era revolusi 4.0 teknologi sangat mendominasi seluruh industri salah satunya industri pendidikan, melalui teknologi pembelajaran dapat lebih mudah untuk dicari, sehingga persaingan dunia pendidikan menjadi semakin ketat. Dalam diri seseorang memiliki kemempuan hard skill dan soft skill, pada saat ini pengembangan hard skill dan soft skill dapat dilakukan dengan mudah, tetapi belum ada platform yang dapat mencakup semua kebutuhan. Karena masalah ini, penelitian bertujuan untuk membuat prototipe aplikasi pengembangan diri yang akan mencakup hard skill dan soft skill seseorang. Untuk menyelesaikan masalah di atas cara berpikir ilmiah dibantu dengan menggunakan metode design thought. Untuk menyelesaikan masalah diatas penelitian menggunakan organisasi kelurahan LPDP IPB 11.0 kabinet berdampak pada sampel dengan 93 responden yang berpartisipan. Kuisioner dijadikan alat untuk menganalisis hasil akhir, hasil akhir yang didapat adalah respon baik dari responden.

References

Amalina, S., Wahid, F., Satriadi, V., Farhani, F. S., & Setiani, N. 2017. Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Annur, C. M. 2023. Tingkat Pengangguran Indonesia Tertinggi ke-2 di ASEAN. Retrieved from databooks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/06/tingkat-pengangguran-indonesia-tertinggi-ke-2-di-asean
Azis, A., & Teduh, D. 2015. Pengembangan Model E-Office dan Purwarupa Intitusi Perguruan Tinggi di Indonesia. JUITA: Jurnal Informatika, 129-142.
Bachdar, S. 2016. Kenali Design Thinking Sebelum Bikin StartUp. Retrieved from marketeers: https://www.marketeers.com./kenali-design-thinking-sebelum-bikin-startup/
Christoffel, J. M., Tulenan, V., & Sengkey, R. 2019. Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Rambu Lalu Lintas menggunakan Metode User Defined Target. Jurnal Teknik Informatika, 349-356.
Dewi, N. K., Anandita, I. B., Atmaja, K. J., & Aditama, P. W. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android. Sintech Journal, 100-107.
Effendi, H., & Herdiyani, Y. 2018. Mobile Learning Sebagai Alternatif Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Profesional. KONASPI: Konvensi Pendidikan Indonesia.
Fauzia, F., Virantika, A., & Firmansyah, G. 2021. Langkah langkah Strategis Pemenuhan Kebutuhan SDM Talenta Digital di Lingkungan Pemerintahan Indonesia. PROCEEDING KONIK, 39-46.
J. R. Batmenta. 2018. Model Design Thinking Pada Perancangan Aplikasi Mobile Learning. J.Sains dan teknologi Universitas Negri Manado, 688-697.
Karnawan, G., Andryana, S., & Komalasari, R. T. 2021. Implementasi User Experiencemenggunakan Metode Design Thinkingpada Prototypeaplikasi Cleanstic. Jurnal TEKNOINFO, 61-66.
Lie, N. L., & Darmas, N. K. 2017. Pengaruh Soft Skillterhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean Pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1496-1514.
Nabillah, P., Yahya, M., & Nurbaiti. 2021. Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya. JPSB, 91-98.
Priatna, D., Yudiana, Darmansyah, & Rahayu, D. N. 2023. Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi Pro-Int Hris Mobile Pt Kc-Softex Menggunakantam. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK).
Ramadhannis, N., & Santoso, N. 2023. Rancang Bangun Aplikasi E-Portfolioberbasis Mobile. JPTIIK: Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1518-1523.
Rosmalan, D., Djatmiko, M. D., & Julianto, B. 2012. Implemenrasi Aplikasi Website E-Commerce Batik Sunda dengan Menggunakan Protokol Secure Socket Layer (SSL). Jurnal Informatika, 58-67.
Santika, E. F. 2023. Indeks Pembangunan TIK Indonesia Naik Tipis pada 2022. Retrieved from databooks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/02/indeks-pembangunan-tik-indonesia-naik-tipis-pada-2022
Sumantika, A., & Susanti, E. 2021. Peningkatan Hard Skillsdan Soft Skillspada Lingkup Organisasi. Jurnal Abdidas, 1449-1455.
Suprobo, F. P. 2012. Penerapan Design Thinking dalam Inovasi Pembelajaran Design dan Arsitektur. Dies 45 Jurusan Arsitektur Universitas Kristen Petra Seminar Nasional, 4-5.
Susanti, E., Fatkhiyah, E., & Efendi, E. 2019. Pengembangan Ui/Ux Pada Aplikasi M-Voting. Simposium Nasional Ke-18 RAPI .
Syabana, R. I., Saputra, P. Y., & Nur R, A. 2020. Penerapan Metode Design Thinkingpada Perancangan User Interfaceaplikasi Kotakku. Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP) , 2460-1160.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-07-01
How to Cite
Wawan, W., Wiryawan, I., Nasrulloh, A., & Sujana, A. (2024). PERENCANAAN APLIKASI PENGEMBANGAN DIRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1505-1518. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4188
Section
Articles