PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), LIKUIDITAS, TAX PLANNING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Amanda Ilmi Yuniarsi Asikin Univeritas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang
  • Fajar Nurdin Univeritas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang

Abstract

Nilai perusahaan merupakan faktor krusial yang menjadi pertimbangan investor ketika memutuskan untuk menanamkan modalnya pada suatu perusahaan. Ini berfungsi sebagai indikator keberhasilan perusahaan saat ini dan potensi pertumbuhannya di masa depan.  Nilai perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor, namun hasilnya berbeda-beda. Delngan melngelmbangkan rilselt telrdahulu, maka perlu dilpadukan faktor-faktor nilai suatu perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai varabel moderasi.  Tujuan penelitian adalah untuk melngeltahuil pelngaruh corporatel socilal relsponsilbillilty, likuiditas dan tax planning telrhadap nillail pelrusahaan secara parsial maupun dengan ukuran Perusahaan sebagai variabel moderasinya. Penelitian ini merupakan studi empiris pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Jelnils pelnelliltilan ilnil kuantiltatilf delngan melnggunakan pelndelkatan elksplanasil (Elxplanatory Relselarch). Populasil yang dilgunakan adalah pelrusahaan pelrtambangan yang telrdaftar dil Bursa Elfelk Ilndonelsila (BElIl) periode tahun 2020-2022. Jumlah pelrusahaan pelrtambangan yang telrdaftar dil Bursa Elfelk Ilndonelsila (BElIl) selbanyak 75 pelrusahaan, namun yang memenuhi kriteria hanya 14 perusahaan.  Variabel yang digunakan CSR, lilkuildiltas dan tax plannilng.  Analisis data melnggunakan analilsils data panell yang ditujukan untuk melngeltahuil pelngaruh daril. Pelngolahan data panell melnggunakan softwarel Elvilelws Elntelrprilsel 12.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Hasill Ujil T melnunjukkan bahwa varilabell corporatel socilal relsponsilbillilty (CSR) dan tax plannilng tildak belrpelngaruh telrhadap nillail pelrusahaan, namun berpengaruh negatif terhadap lukiditas. Demikian juga dengan ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh CSR dan likuiditas terhadap nilai perusahaan, namun ukuran perusahaan dapat memoderasi pengaruh tax planning terhadap nilai perusahaan.

References

Adelina, & Arza. (2021). Pengaruh Intelllectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan: Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 3(3), 583–598. https://doi.org/10.24036/jea.v3i3.432
Aji, & Atun. (2022). Pengaruh Tax Planning, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan ukuran perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Solusi, 20(3), 290. https://doi.org/10.26623/slsi.v20i3.5062
Aji, & Hidayaturohman. (2019). Pengaruh Presepsi Keadilan Pajak , Pengawasan Wajib Pajak, dan Saksi Perpajakan Terhadap Tax Evasion. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, 1(3), 138–144. https://doi.org/https://doi.org/10.24964/japd.v1i2 138
Algiffary et al. (2020). Pengaruh Tax Planning, Profitabilitas, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Journal of Business and Economics (JBE) UPI YPTK, 5(3), 27–32. https://doi.org/10.35134/jbeupiyptk.v5i3.107
Andriani et al. (2022). the Influence of Tax Planning, Earning Growth, Asset Management, and Good Corporate Governance on the Firm Value. Jurnal Riset Perpajakan, 04(01), 1–26.
Anisran, & Ma’wa. (2023). Pengaruh Tax Planning Dan Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Trisakti, 10 Nomor,(September), 318.
Ardhani, & Wahyuda. (2022). Can the Impact of Company Size Moderate the Connection Between Tax Planning and Company Value? E-Jurnal Akuntansi, 32(8), 2156. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i08.p15
Arifudin. (2008). Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Perspektif Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Risalah HUKUM, 4(2), 128–134.
Ayem, & Syahri. (2023). Likuiditas Sebagai Pemoderasi Pada Pengaruh Profitabilitas Dan Tax Planning Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal E-Bis, 7(2), 537–549. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1268
Ayu Sudiani, & Ayu Darmayanti. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Pertumbuhan dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2302–8912), 1–30. https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/download/20349/14754
Brigham, & Houston. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 2.
Damayanthi. (2019). Fenomena Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 208. https://doi.org/10.24843/jiab.2019.v14.i02.p06
Harfani, & Nurdiansyah. (2021). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(1), 497–505. https://doi.org/10.31539/costing.v5i1.2818
Ika Pratiwi, & Hari Stiawan. (2022). Pengaruh Tax Planning Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. AKUA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.54259/akua.v1i1.247
Irawati et al. (2022). Pengaruh likuiditas, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang dan kosumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia (bei) tahun 2015-2019. Jurnal Manajemen, 14(1), 148–152. https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i1.10798
Janah, & Munandar. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variable Moderasi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 494–512.
Jihadi et al. (2021). The Effect of Liquidity, Leverage, and Profitability on Firm Value: Empirical Evidence from Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 423–431. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0423
Kesumastuti, & Dewi. (2021). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Usia dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1854. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i07.p19
Khaoula, & Moez. (2019). The moderating effect of the board of directors on firm value and tax planning: Evidence from European listed firms. Borsa Istanbul Review, 19(4), 331–343. https://doi.org/10.1016/j.bir.2019.07.005
Kristianti, & Foeh. (2020). The Impact of Liquidity and Profitability on Firm Value with Dividend Policy as an Intervening Variable. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 16(1), 65–78. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK
Krisyadi, & Angery. (2021). Analisis Pengaruh Penghindaran Pajak, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 1199–1217.
Ma’rufa et al. (2021). Corporate Social Responsibility dan Struktur Kepemilikan Serta Perannya terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 259–269. https://doi.org/10.26905/jbm.v8i2.6011
Maulinda, & Hermi. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR Sebagai Variabel Moderasi.pdf (pp. 1923–1932). https://doi.org/https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14885
Muawanah, & Hayati. (2019). Analisis Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan: Dampak Variabel Kontekstual. Akuntabilitas, 12(1), 93–104. https://doi.org/10.15408/akt.v12i1.12656
Muzaqi et al. (2023). Pengaruh Tax Planning dan Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Pemoderasi. SIMBA : Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 5. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/4855
Nashar et al. (2022). Pengaruh Tax Planning, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Bod Diversity Sebagai Variabel Moderasi. Solusi, 20(3), 290. https://doi.org/10.26623/slsi.v20i3.5062
Novia, & Halmawati. (2022). Ukuran Perusahaan Memoderasi Pengaruh CSR, Tax Avoidance, dan Sustainability Reporting terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 4(1), 40–58. https://doi.org/10.24036/jea.v4i1.471
Nur. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 22(1), 58–76.
Ogachi, & Zoltan. (2020). Corporate social responsibility and firm value protection. International Journal of Financial Studies, 8(4), 1–22. https://doi.org/10.3390/ijfs8040072
Prabawa. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. 01(01), 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Pramudya et al. (2021). Tax Planning, Solvabilitas, Nilai Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(2), 85. https://doi.org/10.30595/jmbt.v1i2.12671
Pramudya, & Herutono. (2022). Perencanaan Pajak, Komite Audit, Nilai Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(4), 991–1002. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i4.606
Prasetio Agesta. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility TerhadapCitra Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid-19(Studi Empiris Pada Perusahaan Pt. Asia MenaraPerkasa, Lampung). JURKAMI: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi Dan Pendidikan. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/
Putri et al. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2). https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.2.16
Rahmantari et al. (2019). Effect of Corporate Social Responsibility on Company Value With Company Size and Profitability as Moderated Variables in Pharmaceutical Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Jagaditha, 6(2), 121–129. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jagaditha
Rasyid et al. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 7(1), 135–156. https://doi.org/10.29303/jaa.v7i1.146
Rosihana. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Sector Industry Barang Consumer Primer Tahun 2019-2021). Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1, 119–132.
Sari et al. (2023). Leverage and liquidity to firm value moderated by firm size: a signaling theory approach. Enrichment: Journal of Management, 13(3), 2073–2082.
Suriawinata, & Almurni. (2023). Corporate tax planning, the use of SPV, board independence, and firm value. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 26(1), 67–90. https://doi.org/10.24914/jeb.v26i1.6383
Suryanti. (2023). Tax Planning , Profitability And Liquidity On Company Value With Corporate Transparency As A Moderation Variable. 4(1), 146–166.
Utami, & Widati. (2022). Pengaruh Profitabilitas , Likuiditas dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(1), 885–893.
Wijaya, & Pancawati. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi. Inventory: Jurnal Akuntansi, 3(2), 131. https://doi.org/10.25273/inventory.v3i2.5241
Yaswat et al. (2021). Pengaruh Likuiditas Dan Siklus Konversi Kas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Pemoderasi Pada Sektor Consumer Goods Industry Yang Terdaftar Di Bei Periode 2016-2019. Jurnal Daya Saing, 7(3), 260–270. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i3.731
Published
2024-06-29
How to Cite
Asikin, A., & Nurdin, F. (2024). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), LIKUIDITAS, TAX PLANNING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1297-1313. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4159
Section
Articles