DAMPAK IMPLEMENTASI PSAK 73 TERHADAP INDUSTRI JASA PENERBANGAN DI INDONESIA

  • Ronowati Tjandra Politeknik YKPN, Yogyakarta
  • Deranika Ratna Kristiana STIE YKPN, Yogyakarta
  • Cahyo Indraswono STIE YKPN, Yogyakarta
  • Muhammad Alvin Zhayyan STIE YKPN, Yogyakarta

Abstract

Dampak PSAK 73 menarik untuk dibahas lebih lanjut karena masih belum banyak industri di Indonesia yang menerapkan PSAK 73, khususnya industri penerbangan. “Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif”. Untuk menganalisis dampak PSAK 73, peneliti “menggunakan model kapitalisasi konstruktif dari Imhoff et al”. (1997) serta Ozturk (2016). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika industri penerbangan menggunakan metode “retrospektif seperti pada PSAK 73 lampiran C05, maka saldo aset dan kewajiban akan” meningkat sebesar 94% dan 136%. Sementara, saldo ekuitas akan berkurang 133%. Sebaliknya, “jika perusahaan menggunakan metode kumulatif dengan jumlah aset hak pakai yang sama dengan liabilitas sewa, maka” saldo aset dan liabilitas akan meningkat sebesar 115% dan 136%. Di sisi lain, saldo ekuitas tidak berubah. Penerapan PSAK 73 opsi A pada industri penerbangan menyebabkan kinerja “debt to equity, debt to asset, return on asset menurun sebesar 819%, 21%, 49%, dan kinerja return on equity meningkat 405%”. “Jika industri penerbangan menggunakan opsi B, maka akan menyebabkan kinerja debt to equity, debt to asset, return on asset turun sebesar 136%, 10%, dan 53%.

References

Altman, Edward, J. Hartzell, and M.Peck, 1995. Emerging Market Corporate Bonds: A
Scoring System, Saloman Brothers Inc, New York.
Brahmana, R. (2007). Identifying Financial Distress Condition in Indonesia Manufacture Industry. Birmingham Busiines School, University of Birmingham United Kingdom.
Deloitte. (2006). Standards: Iasplus.
Gibson, C. H. (2010). Financial Reporting & Analysis - Cycle 2 - The Financial Statements.
IAI. (2012). Berita & Kegiatan: SAK Efektif Berlaku 1 Januari 2012.
IAI. (2014). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 30: Sewa.
IAI. (2017). Berita & Kegiatan: Pengesahan Draft Eksposure PSAK 73.
Imhoff, E. A., Lipe, R. C., & Wright, D. W. (1997). Operating leases: Income effects of constructive capitalization. Accounting Horizons, 11(2), 12–32.
Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2010). Intermediate Accounting, Volume 2. John Wiley & Sons.
Maxwell, J. A. (2010). Using numbers in qualitative research. Qualitative Inquiry, 16(6), 475–482. https://doi.org/10.1177/1077800410364740.
Orabi, M. M. A. (2014). The Impact of Leasing Decisions on the Financial Performance of Industrial Companies The Impact of LeasingDecisionsontheFinancialPerformanceofIndustrialCompanies The Impact of Leasing Decisions on the Financial Performance of Industrial Companies. Global Journals Inc. (USA), 14(2), 21.
Öztürk, M. (2016). Impact of New Standard “IFRS 16 Leases” on Statement of Financial Position and Key Ratios: A Case Study on an Airline Company in Turkey. Business and Economics Research Journal, 7(4), 143–143. https://doi.org/10.20409/berj.2016422344.
Platt , H., & Platt, M. (2006). Comparing Financial Distress and Bankrupcty. Review of Applied Economics, 2(2).
PricewaterhouseCoopers. (2017). PSAK 73 Leases: Impact.
Tirani, U. G. (2018). Analisis Dampak Implementasi Psak 73 Terhadap Laporan Posisi Keuangan Dan Rasio Keuangan Pt Garuda Indonesia (Persero) Tbk.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2022-07-08
How to Cite
Tjandra, R., Kristiana, D. R., Indraswono, C., & Zhayyan, M. A. (2022). DAMPAK IMPLEMENTASI PSAK 73 TERHADAP INDUSTRI JASA PENERBANGAN DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(2), 894-902. https://doi.org/10.31955/mea.v6i2.2134