PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PEMAHAMAN PERATURAN, SOSIALISASI, SANKSI PAJAK, PENERAPAN E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WPOP DALAM MEMBAYAR PAJAK

Studi Kasus pada KPP Pratama Kota Madiun

  • Meilinda Pramesty Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya
  • Sari Andayani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya

Abstract

Kajian ini hendak melakukan pengujian kualitas pelayanan, pemahaman peraturan, sosialisasi, serta sanksi pajak, penerapan e-filing terhadap ketaatan waib pajak orang pribadi dalam hal membayar pajak. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini di mana peneliti hanya mengambil data primer berupa kuesioner penelitian. Melalui penggunaan simple random sampling, sampel penelitian ditentukan sejumlah 100 orang yang memiliki kewajiban membayar pajak. Peneliti menyebarkan kuesioner melalui platform Google Form untuk mengambil data yang kemudian diolah menggunakan SPSS 22.0. dari hasi penellitian menunjukkan mutu layanan pajak, kemampuan masyarakat memahami aturan perpajakan, pemberlakuan sanksi perpajakan dan implementasi e-flling memiliki pengaruh yang signifikan pada ketaatan membayar pajak. Sementara itu, sosialisasi terkait pajak tidak memiliki pengaruh pada ketaatan dalam membayar pajak.

References

Agustiningsih, W., & Isroah, I. (2016). Pengaruh Penerapan E-Filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kpp Pratama Yogyakarta. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 5(2). https://doi.org/10.21831/nominal.v5i2.11729
Boediono. (2003). Pelayanan Prima Perpajakan (Edisi 1). Penerbit Rineka Cipta.
Febri, D., & Sulistiyani, T. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, PENGHINDARAN PAJAK DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Wilayah KPP Pratama Kota Tegal). Permana, 10(1), 15–26.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husnurrosyidah, H. (2017). Pengaruh E-Filing, E-Billing Dan E-Faktur Terhadap Kepatuhan Pajak Pada Bmt Se-Kabupaten Kudus. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 1(1), 97–106. https://doi.org/10.25139/jaap.v1i1.99
Kusuma, K. C. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wpop Effect. Jurnal Profita Edisi 3 Tahun 2017 Indonesia., 2, 1–14.
Mahardika, I. G. N. P. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5(1), 1–12.
Masruroh, S. (2013). PENGARUH KEMANFAAATAN NPWP, PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris pada WP OP di Kabupaten Tegal). 2(2009), 435–449.
Megantara, K., Purnamawati, I., & Sinarwati, N. (2017). Pengaruh Penghasilan Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Kemauan Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usahawan atas Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2013. E-Journal S1 Ak, 7(1), 1–10.
Nasution, S. B. A. dan A. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Accaunting Analysiss Journal, 3(2), 177–186.
Rahayu, N. (2016). Pengaruh Tax Amnesty Dan Sanksi Pajak Terhadap. 4(1), 211–226.
Rara Susmita, P., & Supadmi, N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 14(2), 1239–1269.
Safitri, D., Silalahi, S. P., Bisnis, E., & Riau, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus , Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak : Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. 20(2), 145–153.
Sari, P. D., Putra, B. R., Fitri, H., Ramadhanu, A., & Putri, C. F. (2019). Pengaruh Pemahaman Pajak, Pelayanan Aparat Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Preferensi Risiko Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus UMKM Toko Elektronik di Kecamatan Sitiung Dharmasraya). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sentanu, I., & Setiawan, P. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Hotel. E-Jurnal Akuntansi, 16(1), 306–332.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi 2). Alfabeta.
Viani, Y. R. N., & N, Y. A. B. B. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepatuhan Membayar Wajib Pajak. In Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Publik (Vol. 7, Issue 1, pp. 61–72).
Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19358
Winerungan, O. L. (2013). Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wpop Di Kpp Manado Dan Kpp Bitung. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 960–970.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2021-10-22
How to Cite
Pramesty, M., & Andayani, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PEMAHAMAN PERATURAN, SOSIALISASI, SANKSI PAJAK, PENERAPAN E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WPOP DALAM MEMBAYAR PAJAK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1729-1751. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1561