PENGARUH MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU

  • Imam Hambali Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

Abstract

Produktivitas kerja karyawan merupakan suatu akibat dari persyaratan kerja yang harus dipenuhi oleh setiap karyawan. Setiap organisasi termasuk lembaga pendidikan membutuhkan karyawan yang produktif dalam mencapai tujuan lembaga pendidikan. Persyaratan itu merupakan kesediaan karyawan untuk bekerja dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi secara parsial terhadap produktivitas kerja, untuk mengetahui pengaruh pengalaman kerja secara parsial terhadap produktivitas kerja dan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan pengalaman kerja secara simultan terhadap produktivitas kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah pejuang 45 Subang. Metode Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian hubungan/korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hubungan korelatif mengacu pada kecenderungan bahwa variasi suatu variabel diikuti variasi lainnya. Sedangkan Alat analisis yang digunakan adalah Analisa Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) dengan  nilai F-hitung 26.870 dan nilai Sig 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang berarti  Motivasi dan Pengalaman Kerja berpengaruh signifikan terhadap produktifitas Guru pada Madrasah Tsanawiyah pejuang 45 Subang.

References

Arifudin, O. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. GLOBAL (PT.GM). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 184–190. Volume 3, No 2, Mei 2019
Arifudin, O. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 73–87. Volume 4, No 2, Mei 2020
Arifudin & Damayanti. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT AGRO BUMI. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.
Cormick. (2019). Human Factor in Enggineering and Design. Sixth Edition. Mc.Graw- Hill Book Company.
Damayanti, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Bank BRI Syariah Kabupaten Subang. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 35–45.
Foster. (2001). Pembinaan Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jakarta: PPM.
Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
Kadarisman. (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kartingsih. (2013). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Semarang. Universitas Diponegoro: Fakultas Ekonomi.
Kenna, M. (2005). The Essence of Human Resaources Management. Prentice Hall International (UK) Limited Printed and Bound in Great Britain by Tj Press, Padstow, Cornwall.
Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1).
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Syukur. (2001). Metode Penelitian dan Penyajian Data Pendidikan. Semarang: Medya Wiyata.
Tanjung, R. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Zulkarnaen, W., & Kusmayadi, T., (2013), Pengaruh Kompleksitas Tugas, Orientasi Tujuan Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Kerja Pimpinan Bank BRI Se-Kota Bandung, Jurnal SAINS. 5(2), 82-99.
Published
2021-01-18
How to Cite
Hambali, I. (2021). PENGARUH MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 316-323. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss1.pp316-323