PENGARUH INSENTIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN PARIGI, KABUPATEN PANGANDARAN

  • Neneng Nurbaeti Amin STIE Muhammadiyah Bandung
  • Rifki Ali Mubaroq STIE Muhammadiyah Bandung

Abstract

Pemimpin mempunyai dasar-dasar manajemen untuk meningkatkan produktivitas organisasi yang dikelolanya, Sebab bagaimanapun juga perangkat aturan dan hukum yang ditetapkan dalam rangka mengatur pemerintahan, efektivitasnya akan sangat ditentukan dalam implementasinya, Perkembangan pemerintah sebagai organisasi modern yang pada hakekatnya merupakan organisasi pelayan masyarakat, efektivitasnya tergantung kepada system administrasi dan pola manajemen yang diterapkan.
Dalam melaksanakan penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan berdasarkan pada hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memperkecil kemungkinan ketidakakuratan dalam penelitian ini, maka peneliti menggunakan beberapa teknik sekaligus dengan harapan satu sama lain dapat saling melengkapi. Teknik yang penulis gunakan antara lain sebagai berikut :Dokumentasi/Kepustakaan, Observasi, Wawancara dan Kuesioner/Angket.
Nilai dari koefisien determinasi sebesar 83,7% merupakan persentase yang kuat, hal ini menunjukan bahwa perubahan yang terjadi dalam Kinerja pada kantor camatdapat dijelaskan oleh Insentif. Artinya Pengaruh Insentif mampu memberikan kontribusi dalam menunjang Kinerja Pegawai, sedangkan sisanya yaitu sebesar 16,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian antara lain motivasi, imbalan. Melalui hasil perhitungan di atas diperoleh nilai thitung sebesar 9.17 sementara pada table t dengan tingkat kekeliruan 0,05 dan derajat kebebasan n-k-1 (30-2)=28 diperoleh ttabel sebesar 1,69. Karena thitung (9.17) lebih besar dari ttabel (1,69) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya merupakan bukti empiris terdapat pengaruh yang signifikan antara Insentif (X) dengan Kinerja Pegawai (Y).

Published
2017-09-02
How to Cite
Amin, N., & Mubaroq, R. (2017). PENGARUH INSENTIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN PARIGI, KABUPATEN PANGANDARAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 1(3), 51-71. https://doi.org/10.31955/mea.v1i3.86