BLENDED LEARNING DALAM PERSPEKTIF BISNIS: PENGARUH PENERIMAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT MEMILIH PERGURUAN TINGGI

  • Dendi Zainuddin Hamidi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI, Sukabumi
  • Riki Riswandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI, Sukabumi
  • Indra Permadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI, Sukabumi

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh TAM terhadap minat beli siswa kepada perguruan tinggi yang menerapkan blended learning, baik secara langsung maupun melalui variabel sikap. Untuk menjawab tujuan penelitian, dipilih metode penelitian hipotesis-deduktif. Sampel diambil secara acak dari populasi siswa SMA/sederajat di Kota Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan teknologi informasi (TAM) tidak diikuti oleh minat beli terhadap perguruan tinggi yang menerapkan blended learning. Namun sikap konsumen merupakan variabel yang dapat memediasi pengaruh TAM terhadap niat beli konsumen karena pengaruh langsung sikap konsumen terhadap niat beli konsumen cukup besar.

References

Bentler, P. M., & Speckart, G. (1979). Models of attitude-behavior relations. Psychological Review. https://doi.org/10.1037//0033-295x.86.5.452
Bullen, M. (1997). A case study of participation and critical thinking in a university-level course delivered by computer conferencing.
Byrne, B. M. (2013). Structural equation modeling with AMOS: Basic concepts, applications, and programming, second edition. In Structural Equation Modeling with AMOS: Basic Concepts, Applications, and Programming, Second Edition. https://doi.org/10.4324/9780203805534
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 172–181. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/viewFile/183/256
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319. https://doi.org/10.2307/249008
Dharmmesta, B. S. (1997). Keputusan Keputusan Stratejik Untuk Mengeksplorasi Sikap dan Perilaku Konsumen. Jural Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 12(3). https://journal.ugm.ac.id/jieb/article/view/40018/22561
Driscoll, M. (2002). Blended learning: Let’s get beyond the hype. E-Learning, 54. http://www-07.ibm.com/services/pdf/blended_learning.pdf
Efferi, A. (2015). Mengelola lembaga pendidikan di era global ( pergeseran paradigma humanis menjadi bisnis ). Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–19.
Ferdinand, A. T. (2006). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. In Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural. Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24.0. Update Bayesian SEM. In Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective: Pearson Education International. In New Jersey.
Harjanto, S., & Rimawati, E. (2017). Pengaruh Persepsi Guru Smp Terhadap Minat Memanfaatkan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah SINUS, 15(1), 71–83. https://doi.org/10.30646/sinus.v15i1.263
Husamah. (2017). Pembelajaran Buran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-Face, E-Learning Offline-Online dan Mobil Learning. At-Turats, 9(2), 75. https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i2.318
Junaidi, Roji, A., & Munawar, K. (2015). Konsep Otomatisasi Sistem Pembayaran SPP Online Untuk Mengurangi Tingkat Keterlambatan. STMIK STIKOM Bali, 9 – 10 Oktober 2015, 9–10.
Kemdikbud. (2019). Data Peserta Didik. http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pd/1/020000
Kemenag. (2018). Data Siswa Madrasah Aliyah. Kemenag.Go.Id.
Kominfo.go.id. (2016). Mengenal Generasi Millenials. Www.Kominfo.Go.Id.
Kristiana, N., & Wahyudin, N. (2012). Pengaruh Persepsi Atribut Produk terhadap Minat Beli Konsumen Mobil Merek Isuzu Elf: Studi pada PT. Karya Zirang Utama. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan, 3(1), 1–9. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000
Meldarianda, R., Lisan, H., Kristen, U., & Bandung, M. (2010). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 17(2), 97–108.
Mowen, J. C. (1988). Beyond consumer decision making. In Journal of Consumer Marketing. https://doi.org/10.1108/eb008214
Nasution, F. N. (2004). Penggunaan Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku (Behavioral Aspect). USU Digital Library, 1–10. http://library.usu.ac.id/download/fe/akuntansi-fahmi2.pdf
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Pertiwi, N., & Sharif, O. O. (2019). Minat Perilaku Penggunaan Youtube Sebagai Sumber Pembelajaran Dengan Pendekatan Tam. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), 9. https://doi.org/10.23969/jrbm.v12i1.1522
Peter, J. P., Olson, J. C., & Grunert, K. G. (1999). Consumer behaviour and marketing strategy. McGraw-Hill London.
Renny, Guritno, S., & Siringoringo, H. (2013). Perceived Usefulness, Ease of Use, and Attitude Towards Online Shopping Usefulness Towards Online Airlines Ticket Purchase. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 81, 212–216. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.415
Ristekdikti.go.id. (2018). Menristekdikti Dorong Perguruan Tinggi Kembangkan Pembelajaran Daring. Ristekdikti.Go.Id. https://ristekdikti.go.id/info-iptek-dikti/menristekdikti-dorong-perguruan-tinggi-kembangkan-pembelajaran-daring/
Sari, M. (2016). Bended Larning, Model Pembelajaran Abad ke-21 di Perguruan Tinggi. Ta’dib, 17(2), 126–136.
Segars, A. H., & Grover, V. (1993). Re-Examining Perceived Ease of Use and Usefulness: A Confirmatory Factor Analysis. MIS Quarterly, 17(4), 517. https://doi.org/10.2307/249590
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. In Wiley (Seventh). John Wiley & Sons Ltd. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_102084
Semler, S. (2005). Use Blended Learning to Increase Learner Engagement and Reduce Training Cost. Retrived from http://www. learningsim. com/content/lsnews/blended_learning1 ….
Setiadi, N. (2015). Perilaku konsumen. Kencana.
Sobel, M. E. (1982). Asymptotic Confidence Intervals for Indirect Effects in Structural Equation Models. Sociological Methodology. https://doi.org/10.2307/270723
Soekartawi. (2006). Blended e-learning: Alternatif model pembelajaran jarak jauh di Indonesia [Blended e-learning: An alternative distant learning model in Indonesia]. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2006(Snati). https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1461
Subarsono, A. (2020). Gawat! Hasil Riset UGM: Banyak Siswa Bosan dengan Belajar Online. Harianjogja.Com. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2020/08/06/510/1046394/gawat-hasil-riset-ugm-banyak-siswa-bosan-dengan-belajar-online
Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. In Bogor: Ghalia Indonesia.
Sutisna, & Pawitra. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. In Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2 (1)(1), 143–152. http://www.yazdilabs.net.
Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2021-01-11
How to Cite
Hamidi, D., Riswandi, R., & Permadi, I. (2021). BLENDED LEARNING DALAM PERSPEKTIF BISNIS: PENGARUH PENERIMAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT MEMILIH PERGURUAN TINGGI. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 185-201. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss1.pp185-201