PENGARUH PELATIHAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI DEPARTEMEN R-PET PT. NAMASINDO PLAS BANDUNG BARAT

  • Wandy Zulkarnaen STIEM Bandung
  • Abin Suarsa STIE Muhammadiyah Bandung
  • Rachmat Kusmana STIE Muhammadiyah Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelatihan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Departemen R-PET diĀ  PT Namasindo Plas Bandung Barat. Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan tidak tercapainya target produksi selama tiga tahun berturut turut dari tahun 2014 hingga 2016 yang ada di bagian produksi yaitu pada manajemen Bagian Produksi Departemen R-PET di PT. Namasindo Plas.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua karyawan/i Bagian Produksi Departemen R-PET PT Namasindo Plas Bandung BaratĀ  yaitu sebanyak 90 orang dengan jumlah sample dengan menggunakan teknik Slovin sebanyak 74 orang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelatihan dan stress kerja memberikan pengaruh sebesar 87,5% terhadap produktivitas kerja, angka 87,5% disini artinya setiap perubahan produktivitas kerja sebesar 87,5% dipengaruhi oleh perubahan variabel Pelatihan dan Stress Kerja. Adapun sisanya sebesar 12,5% disebabkan oleh variabel-variabel lain diluar kedua variabel tersebut yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini, antara lain motivasi, imbalan.

Published
2018-11-30
How to Cite
Zulkarnaen, W., Suarsa, A., & Kusmana, R. (2018). PENGARUH PELATIHAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI DEPARTEMEN R-PET PT. NAMASINDO PLAS BANDUNG BARAT. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 151-177. https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss3.pp151-177