Implementasi Strategi Pemasaran Kompetitif dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan : Perspektif Hubungan Pemasaran

  • Mahnun Mas’adi Universitas Pamulang

Abstract

Pada zaman seperti sekarang, kompetisi di bidang pemasaran semakin bersaing. Hal tersebut membutuhkan pengetahuan tentang strategi pemasaran yang kompetitif sehingga organisasi atau perusahaan dapat mempertahankan pertumbuhan jangka panjang dan meningkatkan kinerja bisnisnya. Hubungan pemasaran merupakan satu dari sejumlah faktor untuk mencapai tujuan perusahaan. Hubungan pemasaran dapat melakukan serangkaian pertukaran hubungan dengan melihat kembali sejarah dan masa depan, sehingga menciptakan makna bagi konsumen dan menciptakan keuntungan sebuah organisasi atau perusahaan. Penelitian mengadopsi metode kualitatif dengan metode penelitian literatur untuk mengumpulkan bahan yang cocok untuk tujuan penelitian.

References

Boone, L., & Kurtz, D. (2008). Contemporary Marketing 2009 Update. Cengage Learning.

Duschek, S. (2004). Inter-firm resources and sustained competitive advantage. management revue, 53-73.

Eid, R., & Trueman, M. (2004). Factors affecting the success of business‐to‐business international internet marketing (B‐to‐B IIM): an empirical study of UK companies. Industrial Management & Data Systems.

Gouthier, M., & Schmid, S. (2003). Customers and customer relationships in service firms: The perspective of the resource-based view. Marketing Theory, 3(1), 119-143.

Healy, M., Hastings, K., Brown, L., & Gardiner, M. (2001). The old, the new and the complicated‐A trilogy of marketing relationships. European Journal of Marketing.

Homans, G. C., & Behavior, S. (1961). Its elementary forms. Social Behavior, 119(3), 488-531.

Kanagal, N. (2009). Role of relationship marketing in competitive marketing strategy. Journal of Management and Marketing Research, 2, 1.

Kotler, P., Armstrong, G.(2008). Principles of Marketing (12t edn), United States of America, Pearson education Inc.

Kucuk, S. U. (2017). Marketing-Mix Modeling. In Visualizing Marketing (pp. 83-93). Palgrave Macmillan, Cham.

Lewin, J. E., & Johnston, W. J. (1997). Relationship marketing theory in practice: a case study. Journal of business research, 39(1), 23-31.

Lowe, L. D. (2019). Repeated College Alumni Giving: Application of the Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing (Doctoral dissertation, Capella University).

Payne, A., Ballantyne, D., & Christopher, M. (2005). A stakeholder approach to relationship marketing strategy. European Journal of Marketing.

Pearce, J. E., Webb, G. I., Shaw, R., & Garner, B. (2002, January). A systemic approach to the database marketing process. In Proceedings of the Australian and New Zealand Marketing Academy Conference (pp. 2941-2948). ANZMAC.

Rundh, B. (2003). Rethinking the international marketing strategy: new dimensions in a competitive market. Marketing Intelligence & Planning.

Sheth, J. N., & Parvatiyar, A. (2000). Handbook of relationship marketing. Sage.

Sunarsi, D. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Strategik & Karakterisrik Sistem Pendukungnya : Sebuah Tinjauan. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 178 - 194. https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss3.pp178 - 194

Weerawardena, J., & McColl-Kennedy, J. R. (2002). New service development and competitive advantage: a conceptual model. Australasian Marketing Journal (AMJ), 10(1), 13-23.

Wilson, D. T. (1995). An integrated model of buyer-seller relationships. Journal of the academy of marketing science, 23(4), 335-345.

Published
2019-12-20
How to Cite
Mas’adi, M. (2019). Implementasi Strategi Pemasaran Kompetitif dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan : Perspektif Hubungan Pemasaran. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 207 - 213. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss3.pp207 - 213