ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI KERIPIK MEREK MA ICIH DI LINGKUNGAN MAHASISWA UNIVERSITAS BSI BANDUNG

  • Agus Bagianto STIE Muhammadiyah Bandung
  • Yuniati Yuniati STIE Muhammadiyah Bandung

Abstract

Lahirnya keripik singkong merek ma icih dengan inovasi dan strategi pemasaran yang unik membuat keripik ma icih menjadi tren dikalangan masyarakat pada umumnya dan kalangan mahasiswa pada khususnya, dan menjadi pemicu lahirnya produk-produk serupa bahkan meniru produk merek ma icih. Maka kegiatan pemasaran yang baik dan tepat yang akan memegang peranan penting dalam menunjang kelangsungan usaha dan perkembangan perusahaan.

            Perilaku konsumen merupakan salah satu dasar dalam menerapkan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan kepuasan bagi konsumen, sehingga diharapkan dapat membawa kepada peningkatan penjualan yang berakibat langsung pada peningkatan pasar.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran keripik merek ma icih terhadap perilaku konsumen mahasiswa Universitas BSI Bandung Fakultas Ekonomi kelas sore melalui penerapan (kualitas, harga, distribusi dan promosi) dalam mempertahankan dan meningkatkan pasar.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda (Multiple regresional analisis) dengan uji F dan uji T.

            Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kualitas, harga, distribusi dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumen dalam membeli keripik merek ma icih, dan secara parsial atau masing-masing variabel berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam membeli keripik merek ma icih.

Published
2016-12-01
How to Cite
Bagianto, A., & Yuniati, Y. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI KERIPIK MEREK MA ICIH DI LINGKUNGAN MAHASISWA UNIVERSITAS BSI BANDUNG. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(1), 53-70. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss1.pp53-70