MODEL PENGEMBANGAN STRATEGI MANAJEMEN PIKIRAN RAKYAT MODEL STRATEGIC MANAGEMENT DEVELOPMENT OF PIKIRAN RAKYAT

  • Gita Nurul Rahmadini Universitas Telkom
  • Achmad Manshur Ali Suyanto Universitas Telkom

Abstract

Perkembangan media semakin kian jauh berkembang dengan perlahan media konvensional mulai tergantikan dengan media digital. Dengan adanya persaingan untuk berlomba mempertahankan eksistensinya, untuk itu perusahaan media konvensional perlu menggunakan strategi yang benar dan tepat. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) mengetahui faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan media cetak, 2) mengetahui faktor eksternal yang meliputi peluan dan ancaman yang dimiliki perusahaan media cetak, dan 3) mengetahui strategi marketing yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan media digital.

Responden pada penelitian ini yaitu pihak interal Perusahaan yang terdiri dari, Manager Pemasaran, Ka.Humas, Media Representative,dan Staf Pemasaran dengan metode pengambilan sampel menggunakan nonprobability dan teknik purposive sampling. Adapun metode yang digunakan pada jenis penelitian ini adalah mixed method. Teknik analisis data pada penelitian yang dilakukan yaitu pada proses analisis data kualitatif sebagai analisis dominan menggunakan Analisis SWOT dan Matrik SWOT berdasarkan hasil faktor internal dan eksternal dilihat dari diferensiasi yang dimiliki oleh perusahaan. Sedangkan untuk analisis data kuantitatif menggunakan perhitungan Faktor Strategi Eksternal (EFAS), Faktor Strategi Internal (IFAS), kombinasi dari perhitungan faktor eksternal dan faktor internal (Matrik IE), dan untuk menjawab strategi alternatif yang paling baik untuk perusahaan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Hasil penelitian menggunakan analisis EFAS dan IFAS dengan mengetahui Analisis SWOT dari perusahaan sehingga menghasilkan faktor – faktor internal dan eksternal perusahaan dan strategi yang tepat digunakan oleh perusahaan. Hasil Analisis yang menunjukan bahwa perusahaan media cetak menunjukan bahwa salah satu strategi utama yang tepat digunakan, yaitu melakukan bentuk kerjasama yang lebih luas terkait penyajian berita publik dan peristiwa.

Published
2020-06-18
How to Cite
Rahmadini, G., & Suyanto, A. (2020). MODEL PENGEMBANGAN STRATEGI MANAJEMEN PIKIRAN RAKYAT MODEL STRATEGIC MANAGEMENT DEVELOPMENT OF PIKIRAN RAKYAT. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 724-740. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp708-724