Analisis Perbandingan Kepuasan Kerja Karyawan Generasi X Dan Generasi Y Pada PT. Pos Indonesia

(Studi Pada Kantor Pos Bandung 40000)

  • Dameria Gita Olivia S Universitas Telkom
  • Mahendra Fakhri Universitas Telkom

Abstract

Peneliti melihat, karyawan pada Kantor Pos Bandung 40000 mempunyai kesenjangan usia yang cukup signifikan. Hal tersebut dibenarkan oleh staff bagian SDM pada kantor pos tersebut. Kesenjangan usia tersebut, membuat adanya perbedaan kepuasan kerja. Sehingga, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana perbedaan kepuasan kerja karyawan Generasi X dan Generasi Y yang ada pada Kantor Pos Bandung 40000. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kepuasan kerja karyawan berdasarkan Generasi X dan Generasi Y pada Kantor Pos Bandung 40000. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-komparatif. Pengambilan sampel yang diambil sebanyak 30 responden Generasi X dan 30 responden Generasi Y dengan teknik ­non-probability sampling. Berdasarkan hasil perhitungan independent sample t-test untuk dimensi Pekerjaan itu sendiri diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan Kepuasan Kerja Karyawan untuk dimensi Pekerjaan itu Sendiri pada Karyawan Generasi X dan Generasi Y Kantor Pos Bandung 40000. Untuk dimensi Upah/Gaji diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar (0,348) > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan. Untuk dimensi Kesempatan Promosi diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar (0,035) < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan. Untuk dimensi Penyelia diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar (0,528) > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan. Untuk dimensi Teman Sekerja diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar (0,086) > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat perbedaan kepuasan kerja karyawan antara Generasi X dan Generasi Y pada Kantor Pos Bandung 40000.

References

Badriyah, Mila (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Bakotic, D. (2016). Relationship Between Job Satisfaction And Organisational Performance. voL. 29, no. 1, 118–130. Economic REsEaRch-Ekonomska

Hamali, A.Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi Mengelola Karyawan.

Hernaus, T. & Vokic, N.P. (2014). Work Design for Different Generational Cohorts: Determining common and idiosyncratic job characteristics. Journal of Organizational Change Management, Vol. 27 (4), pp.615-641.

Kapoor, C. & Solomon, N. (2011). Understanding and Managing Generational Differences in The Workplace. Worldwide Hospitality and Tourism Themes, Vol. 3, No. 4.

Messarra, L. C., Karkoulian, S. & El-Kassar, A. (2016). Conflict Resolution Styles and Personality: The Moderating Effect og Generation X and Y in a non-Western Context. International Journal of Productivity and Performance Management, Vol. 65, No. 6.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT. Refika Aditama

Putra, Y.S. (2016). Teori Perbedaan Generasi.Among Makarti, Vol. 9, No. 18.

Published
2020-01-25
How to Cite
Olivia S, D., & Fakhri, M. (2020). Analisis Perbandingan Kepuasan Kerja Karyawan Generasi X Dan Generasi Y Pada PT. Pos Indonesia. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 238-247. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp238-247