STRATEGI BISNIS DAN PROGRAM FUNGSIONAL PADA USAHA ROTI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS DAN MATRIKS SWOT

  • Rina Djunita Pasaribu Universitas Telkom, Bandung
  • Adelia Nadya Pertiwi Universitas Telkom, Bandung
  • Zharfan Inzaghi Sugiharto Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Ketatnya persaingan bisnis roti dan dinamisnya era digitalisasi saat ini menuntut Josh Gandos Bakery (JGB), sebuah toko roti dan kue tradisional di Karawang, untuk terus mengembangkan strategi agar bisnisnya bertahan dan berkembang.  Terkait hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi dan program fungsional perusahaan dengan menggunakan pendekatan analisis dan matriks SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).  Metoda penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara (mendalam). Narasumber diambil dari tiga grup pemangku kepentingan utama yaitu perusahaan, pemasok dan pelanggan. Analisis lingkungan internal (S dan W) dilakukan berdasarkan fungsional bisnis dan analisis lingkungan eksternal (O dan T) menggunakan teori Porter’s 5-Force.   Proses pencocokan matriks SWOT menghasilkan strategi pengembangan bisnis yang dijabarkan dalam program untuk mengimplementasikannya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang perlu dilakukan JGB adalah kedua strategi generik Porter yaitu strategi kepemimpinan biaya dan diferensiasi. Kontribusi penelitian yang dianggap paling bermanfaat bagi JGB adalah jabaran strategi berupa program fungsional karena implementatif bagi perusahaan.  Program yang dinilai paling prioritas adalah melakukan inovasi produk dengan pendekatan green program.

References

David, F. R. (2013). Strategic Management, Concepts and Cases, 14th ed. USA: Pearson.
Gunawan, H. (2016). Formulasi Strategi Bisnis pada PT. Duta Waru Kencana dengan Pendekatan SWOT Analysis. Retrieved 01 19, 2022, from Neliti.com: https://www.neliti.com/publications/36479/formulasi-strategi-bisnis-pada-pt-duta-waru-kencana-dengan-pendekatan-swot-analy.
Hartono, T. (2021, Juni 22). Penjelasan Lengkap Strategi Marketing Segmenting, Targeting, Positioning (STP). Retrieved 10 12, 2021, from dewaweb: https://www.dewaweb.com/blog/stp-marketing-adalah/
Hayati, R. (2021, Februari 7). Pengertian Definisi Operasional, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya. Retrieved November 10, 2021, from PenelitianIlmiah.com: https://penelitianilmiah.com/definisi-operasional/
Hidayat, A. (2012, Oktober 14). Populasi dan Sampel: Pengertian Populasi Adalah? Retrieved Oktober 20, 2021, from Statistikian: https://www.statistikian.com/2012/10/pengertian-populasi-dan-sampel.html
Indonesia, K. P. (2021, 5 3). Publikasi. Dipetik 10 2, 2021, dari PORTAL EPUBLIKASI PERTANIAN: http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/publikasi/perstatistikan
Indriyani, O. K. (2015, 5 3). Analisa Strategi Bersaing pada Bakery Donalson di Makassar. Dipetik 4 4, 2021, dari media.neliti.com: file:///C:/Users/Hp/AppData/Local/Temp/36424-ID-analisa-strategi-bersaing-pada-bakery-donalson-di-makassar-2.pdf
MateriBelajar.co.id. (2018). Pengertian Strategi Menurut para Ahli Secara Umum. Jakarta: MateriBelajar.co.id.
Medina, D. A. (2010, 10 24). Analisa Five Forces Porter Teh Botol Sosro. Retrieved 10 10, 2021, from Wordpress: http://ismed.blog.binusian.org/2010/10/14/analisa-five-forces-porter-teh-botol-sosro/
Pasaribu, R. D. (2016). Model Rantai Pasok Strategik Broadband Dan Skema Pemecahan Masalah Terintegrasi Untuk Industri Fixed Broadband Indonesia. Disertasi, Ilmu Manajemen Universitas Padjajaran, Bandung, 1.
Setiawan, P. (2021, 8 17). Strategi Analisis SWOT – Pengertian, Matriks, Jenis, Komponen, Contoh. Retrieved 10 4, 2021, from GURUPENDIDIKAN.com: https://www.gurupendidikan.co.id/strategi-analisis-swot/
Statmat. (2021, Januari 23). Teknik Purposive Sampling dan Contoh Aplikasinya. Retrieved Oktober 28, 2021, from Statmat.net: https://www.statmat.net/teknik-purposive-sampling/
Unknown. (2010, 6 4). Tahapan dalam Manajemen Strategi. Dipetik 5 4, 2020, dari Jurnal Manajemen, Bahan Kuliah Manajemen : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2011/04/tahapan-dan-model-manajemen-strategi.html
Wheelen, L. T., & Hunger, D. J. (2012). Strategic Management and Business Policy (13 Edition). United States of America: Pearson
Zakky. (2020, Februari 23). Pengertian Variabel Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]. Dipetik 6 1, 2020, dari ZonaReferensi.com: https://www.zonareferensi.com/pengertian-variabel.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-11-22
How to Cite
Pasaribu, R. D., Pertiwi, A. N., & Sugiharto, Z. I. (2022). STRATEGI BISNIS DAN PROGRAM FUNGSIONAL PADA USAHA ROTI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS DAN MATRIKS SWOT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1450-1465. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2503