ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) CV MUNJUL JAYA KARAWANG

  • Cyndi Novia Telkom University, Bandung
  • Rina Djunita Pasaribu Telkom University, Bandung
  • Mohammad Riza Sutjipto Telkom University, Bandung
  • Domi Bustomi Telkom University, Bandung

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting bagi perekonomian Indonesia, yaitu untuk Luas lapangan kerja dan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar. Terdapat berbagai bidang UMKM di Indonesia, salah satunya yaitu agroindustri. CV Munjul Jaya merupakan UMKM yang bergerak di bidang agroindustri yang berlokasi di Karawang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sembilan blok Business Model Canvas pada CV Munjul Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang diimplementasikan melalui wawancara dan studi dokumentasi yang berisi pemaparan atau pengambaran sesuatu. Selain itu penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara terhadap 10 narasumber.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting bagi perekonomian Indonesia, yaitu untuk memperluas lapangan kerja dan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar. Terdapat berbagai bidang UMKM di Indonesia, salah satunya yaitu bidang agroindustri. CV Munjul Jaya merupakan UMKM yang bergerak di bidang agroindustri yang berlokasi di Karawang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sembilan blok Business Model Canvas pada CV Munjul Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang diimplementasikan melalui wawancara dan studi dokumentasi yang berisi pemaparan atau pengambaran sesuatu. Selain itu penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara terhadap 10 narasumber.

Hasil penelitian ini adalah masih terdapat beberapa aspek yang belum maksimal dan masih dapat dikembangkan oleh CV Munjul Jaya. Maka, peneliti memberikan masukan pada semua blok Business Model Canvas pada CV Munjul Jaya yaitu pada Customer Segment, Channels, Customer Relationship, Value Proposition, Revenue Stream, key Resorce, Key Activity, Key Partnership, dan Cost Structure. Selain itu, CV Munjul Jaya dapat memanfaatkan media sosial dan media online lain untuk promosi dan media penjualan serta melakukan Quality Control untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

 

References

Al Adawiyah, R. (2017). Analisis Kondisi Existing dan Pengembangan Model Bisnis dalam Sektor Pariwisata (Studi Kasus Pariwisata di Kota Wisata Batu) [Skripsi, Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8470/
Charamba, M. P. (2017). Applying the Business Model Canvas to Develop Business Models for SMEs in Namibia: A Case of the Khomas Region [Disertasi, University of South Africa]. http://hdl.handle.net/10500/23845
Fathini, I. (2018). Analisis SWOT terhadap Pengimplementasian Teknologi Finansial pada Bank X Cabang Y Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/4480/
Juansah, E. T., Rahmah, D. M., & Ardiansah, I. (2020). Identifikasi Proses Bisnis dan Strategi Pengembangan Usaha di UKM Nugini Menggunakan Analisis SWOT. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(2), 250–257. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.02.3
Mardhatillah, I., & Azis, E. (2018). Analisis Pengaruh Program CSR Terhadap Citra Perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia (Studi Kasus Program Kemitraan Pt Telkom Witel Padang Tahun 2016). EProceedings of Management. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6335
Muliawan, J. U. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Mustaniroh, S. A., Prabaningtias, N., & Citraresmi, A. D. P. (2019). Analysis of Business Development Strategies with Business Model Canvas Approach. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/515/1/012075/meta
Nugraha, G. N., Rochdiani, D., & Sudrajat, S. (2019). Strategi Pemasaran Seblak Kicimpring Berbasis Offline dan Online (Studi Kasus pada UKM Raja Rasa di Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo, 6(3), 644–656. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agroinfogaluh/article/view/2547/2686
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2014). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Hoboken: Jhon Wiley and Sons.
Ostewalder, A., & Pigneur, Y. (2013). Designing Business Models and Similar Strategic Objects: The Contribution of IS. Journal of the Association for Information Systems, 14(5). https://aisel.aisnet.org/jais/vol14/iss5/3/
Pasaribu, R. D. (2016). Model Rantai Pasok Strategik Broadband dan Skema Pemecahan Masalah Terintegrasi untuk Industri Fixed Broadband Indonesia. Disertasi, Universitas Padjajaran.
Qanita, A. (2020). Analisis Strategi dengan Metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus pada D’gruz Caffe di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24. https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309
Rismayani, R., & Sari, I. P. (2019). Analysis of Business Strategy in Furniture Company. International Journal and Science Research (IJSR), 8(6), 2391–2396. https://www.ijsr.net/archive/v8i6/ART20199120.pdf
Sintya, N. S. (2020). Evaluasi Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT di UKM “Jambangan Pitoe” Surabaya. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Siregar, O. M., & Selwendri, S. (2020). Achievement of The Target Market through Business Model Canvas in Small and Medium Enterprises (SMES). Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 286–293. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.215
Sutjipto, M. R., Sule, E. T., & Kaltum, U. (2019). The Effect of Organizational Relationship and Competitive Strategy on the Performance of Wholesale Network Service Business in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 22(3), 1–16.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Umar, A., Sasongko, A. H., Aguzman, G., & Sugiharto. (2018). Business Model Canvas as a Solution for Competing Strategy of Small Business in Indonesia. International Journal of Entrepreneurship, 22(1), 1–9.
Wheelen, T. L. (2012). Concepts in Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability. Hoboken: Pearson Prentice Hall.
Widdah, M. E., & Huda, S. (2018). Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah. Jambi: Salim Media Indonesia.
Wijayanti, H., & Ishartadi, A. (2019). Panduan Analisis SWOT Untuk Kesuksesan Bisnis: Jangan Buat Strategi Bisnis sebelum Baca Buku Ini. Yogyakarta: Quadrant.
Zoni, R. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Metode Bussines Model Canvas (BMC) Analisis SWOT dan Matriks QSPM (Studi Kasus : UKM Keripik Bayam Khasanah) [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/77275/
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-10-24
How to Cite
Novia, C., Pasaribu, R., Sutjipto, M., & Bustomi, D. (2022). ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) CV MUNJUL JAYA KARAWANG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 943-956. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2445