PENGARUH BRAND PERFORMANCE TERHADAP REPEAT PURCHASE DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA APPLE IPHONE

  • Melinda Herdiany Universitas Telkom
  • Ai Lili Yuliati Universitas Telkom

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait Competitive Advantage, Customer Engagement dan Repeat Purchase pada iPhone. Berdasarkan hasil pra survei, secara keseluruhan pengguna iPhone merasa puas terhadap iPhone namun, masih kurang berkomitmen dan kurang loyal karena pengguna merasa masih ada produk smartphone merek lain yang memiliki kualitas lebih baik namun memiliki harga yang lebih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Performance terhadap Repeat Purchase melalui Competitive Advantage dan Customer Engagement pada Apple iPhone. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling jenis Purposive Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik Analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) dengan perhitungan menggunakan software SmartPLS 3.0 for Windows. Hasil penelitian dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel Brand Performance, Competitive Advantage, Customer Engagement dan Repeat Purchase berada pada kategori baik. Hasil perhitungan analisis jalur menunjukkan bahwa variabel Brand Performance berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Repeat Purchase melalui Competitive Advantage dan variabel Brand Performance berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Repeat Purchase melalui Customer Engagement

References

Abdillah, willy. & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Indrawati et al. (2017). Perilaku Konsumen Individu dalam Mengadopsi Layanan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Limakrisna, N. & Purba, P. T. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Neolaka, Amos. (2014). Metode Penelitian dan Statistik Untuk Perkuliahan, Penelitian Mahasiswa Sarjana, dan Pasca Sarjana. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Priansa, J. D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

So, K. K. F., King, C., Sparks, B. A. & Wang, Y. (2014). The Role of Customer Engagement in Building Consumer Loyalty to Tourism Brands. Journal of Travel Research.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Sugiyono. (2017). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Swasty, Wirania. (2016). Branding Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wijaya, Nelly & Dharmayanti, Diah. (2017). Pengaruh Brand Performance Terhadap Repeat Purchase Dengan Competitive Advantage dan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Sepeda Motor Honda di Surabaya. Jurnal Mahasiswa.

Published
2019-08-31
How to Cite
Herdiany, M., & Yuliati, A. (2019). PENGARUH BRAND PERFORMANCE TERHADAP REPEAT PURCHASE DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA APPLE IPHONE. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), IN PRESS. Retrieved from http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/184