PENGARUH CITY BRANDING “A LAND OF HARMONY” TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE PUNCAK, KABUPATEN BOGOR

  • Ananda Rizki Aulia Telkom University
  • Ai Lili Yuliati Universitas Telkom

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait City Branding, Minat Berkunjung, dan Keputusan Berkunjung ke Puncak, Kabupaten Bogor. Permasalahan tersebut didasari dengan hasil pra survey yang menunjukkan bahwa City Branding belum sepenuhnya mendapat tanggapan baik dari responden,  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh City Branding terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung ke Puncak, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Puncak, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling jenis purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan path analysis. Berdasarkan hasil analisis deksriptif, variabel City Branding secara keseluruhan berada dalam kategori baik. Hasil analisis deskriptif, variabel Minat Berkunjung secara keseluruhan berada dalam kategori baik. Hasil analisis deskriptif, variabel Keputusan Berkunjung berada dalam kategori baik. Hasil path analysis menunjukkan bahwa variabel City Branding berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung. Besarnya pengaruh City Branding terhadap Minat berkunjung sebesar 49,3%. Besarnya pengaruh City Branding terhadap Keputusan Berkunjung sebesar 72,2%, serta besarnya pengaruh Minat Berkunjung terhadap Keputusan Berkunjung sebesar 60%.

References

Fahmi, I. (2016). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanada, M., & Salamah, U. (2014). Branding Tempat : Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta Selatan: Makna Informasi.

Jurnal

Prasetyo, A. A, & Ridwanudin, O. (2016). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Berkunjung Di Jendela Alam. Jurnal Tourism And Hospitality essentials, 2.

Putra, D. A., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh City Branding “The Heart Of East Java” Pada Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis, 152.

Ramadhan, A. H., Suharyono, & Kumadji, S. (2015). Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis, 2

Internet

KBBI, 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online]

Kementrian Pariwisata (2010, Januari). “Undang-Undang Republika Indonesia Nomor 10 Tahun 2009” (Diakses 14 Maret 2018 dari: http://www.kemenpar.go.id).

Published
2019-08-31
How to Cite
Aulia, A., & Yuliati, A. (2019). PENGARUH CITY BRANDING “A LAND OF HARMONY” TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE PUNCAK, KABUPATEN BOGOR. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), IN PRESS. Retrieved from http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/182