PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, VARIABILITAS PERSEDIAAN, VARIABILITAS HARGA POKOK PENJUALAN, DAN LABA SEBELUM PAJAK TERHADAP METODE AKUNTANSI PERSEDIAAN

  • Leny Suzan Universitas Telkom, Bandung
  • Ichwanul Ichsan Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Persediaan dalam kegiatan operasional perusahaan sangatlah penting perananya, oleh sebab itu diperlukan manajamen dan metode yang tepat dalam perhitungan persediaan. Sehingga penentuan kebijakan untuk memilih salah satu metode akuntansi yang tepat bagi perusahaan sangat diperlukan dalam proses pengendalian persediaan. Kepentingan yang terdapat pada manajemen, pemilik perusahaan dan pemerintah dalam penentuan metode akuntansi persediaan akan menimbulkan konflik karena masing-masing metode memiliki hasil ekonomi yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode akuntansi persediaan yaitu ukuran perusahaan, variabilitas persediaan, variabilitas harga pokok penjualan dan laba sebelum pajak. Penelitian ini mengambil populasi dari perusahaan yang terdatar di Bursa Efek Indonesia di sub sektor perdagangan besar dan perdagangan eceran pada periode 2016-2019. Sampel penelitian diambil sebanyak 43 perusahaan dengan metode purposive sampling. Teknik yang digunakan yaitu regresi logistik untuk analisis pengaruh antara variabel independen dengan dependen. Hasil dari penelitian secara simultan variable independen mempengaruhi variable dependen. Secara parsial ukuran perusahan dan laba sebelum pajak tidak berpengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Sedangkan variabilitas persediaan dan variabilitas harga pokok penjualan secara parsial berpengaruh signifikan.

References

A.Kadim, Suratman, A., & Muis, M. A. (2019). Analisis Pengaruh Rasio Lancar, Perputaran Persediaan, dan Margin Laba Kotor Terhadap Pemilihan Metode Persediaan Pada Perusahaan Dagang yang Terdaftar Di BEI Tahun 2013-2015. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma.
Ayem, S., & Harjanta, A. P. (2018). Pengaruh Perusahaan, Variabilitas Persediaan, Kepemilikan Manajerial, Financial leverage dan Laba Sebelum Pajak Terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan. Akuntansi Dewantara.
Bahri, S. (2016). Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Barchelino, R. (2016). Analsis Penerapan PSAK No.14 Terhadap Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan Barang Dagang. Jurnal EMBA.
Basyaib, F. (2007). Keuangan Perusahaan. Jakarta: Kencana.
Erawati, T., & Jepriansyah. (2019). Pengaruh Variabilitas Harga Pokok Penjualan, Rasio Lancar, dan Financial Leverage Terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara.
Febriansyah, E., Yulinda, A. T., & Rosalinda, L. (2019). Pengaruh Variabilitas Persediaan, Ukuran Perusahaan dan Intensitas Persediaan Terhadap Pemilihan Metode Penilaian Persediaan. Ekombis Review.
Gaol, R. L. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Metode Akuntansi Persediaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan.
Hamidu. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Pertumbuhan Laba pada Perbankan di BEI . Jurnal EMBA.
Ikatan Akuntan Indonesia. (2015). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.
Kieso, & Donal. (2008). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.
Kieso, D., Weygandt, J., & Warfield, T. (2014). Intermediate Accounting. United States of Amerika: Palatino LT Std.
Riyanto, B. (2013). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan . Yogyakarta: BPFE.
Sari, F. P., & Suzan, L. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Perputara Persediaan dan Variabilitas Harga Pokok Penjualan Terhadap Pemilihan Metode Penilaian Persediaan. e-Proceeding of Management.
Sari, F. P., & Suzan, L. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Perputaran Persediaan dan Variabilitas Harga Pokok Penjualan Terhadap Pemilihan Metode Penilaian Persediaan. e-Proceeding of Management.
Tjahjono, A., & Chaerulisa, V. N. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan metode Akuntansi Persediaan Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi dan Sub Sektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Kajian Bisnis.
Waluyo. (2016). Akuntansi Pajak edisi 6. Jakarta : Salemba Empat.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2021-11-05
How to Cite
Suzan, L., & Ichsan, I. (2021). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, VARIABILITAS PERSEDIAAN, VARIABILITAS HARGA POKOK PENJUALAN, DAN LABA SEBELUM PAJAK TERHADAP METODE AKUNTANSI PERSEDIAAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 2166-2182. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1620