PENGARUH LIKUIDITAS, REPUTASI AUDITOR DAN DISCLOSURE TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN

(Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

  • Anindya Sekar Ayu Miraningtyas Universitas Telkom
  • Siska Priyandani Yudowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, reputasi auditor dan disclosure terhadap pemberian opini audit going concern pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang didapatkan dari website resmi Bursa Efek Indonesia, populasi penelitian ini adalah  perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode tahun 2013-2017, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan dalam periode penelitian selama 5 tahun, sehingga diperoleh 40 data sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, reputasi auditor dan disclosure berpengaruh secara simultan terhadap pemberian opini audit going concern. Kemudian hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh negatif terhadap pemberian opini audit going concern, reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern dan disclosure berpengaruh positif terhadap pemberian opini going concern.

Kata kunci: likuiditas, reputasi auditor, disclosure, going concern

References

Ardiyos. (2010). Kamus Standar Akuntansi. Jakarta: Citra Harta Prima.

Arens, Alvin A. Randal J. Elder dan Mark S. Beasley. (2015). Auditing dan Jasa

Assurance. Edisi kelimabelas. Jakarta: Erlangga

Charir, & Ghozali, I. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Dibiyantoro. (2011). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Mandatory Disclosure Financial Statement pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS), Vol.1 No.1.

Fahmi,I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang.

Fauziah, H. (2016). Pengaruh Likuiditas, Laverage,Profitabilitas, Opini Audit Tahun Sebelumnya dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008-2014. Skripsi: Universitas Widyatama

Haribowo, & Ismawati. (2013). Analisis Perbandingan Pengaruh Kualitas Audit, Likuiditas,Solvabilitas, Profitabilitas Terhadap Opini Audit Going Concern. Study & Accounting Research, Vol.X No.3.

Hendriksen. (2000). Teori Akuntansi, Jilid I, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Junaidi, & Jogiyanto Hartono. (2010). Faktor Non Keuangan pada Opini Audit Going Concern. Disampaikan Pada Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Krissindiastuti, Monica. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Opini Audit

Going Concern. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.14.1 Januari

ISSN:2303-1018.:451-481.

Kristiani, F. (2015). Analisis Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Reputasi Audit terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Setyowati. (2009). Perkembangan Standar Audit Yang Relevan Dengan Keputusan

Opini Going Concern. Kajian Akuntansi, 1(1) : 58-68.

Verdiana, & Utama. (2013). Pengaruh Reputasi Auditor, Disclosure, Audit Client Tenure pada Kemungkinan Pengungkapan Opini Audit Going Concern. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.3 ISSN:2302-8556, 530-543.

Published
2019-08-31
How to Cite
Miraningtyas, A., & Yudowati, S. (2019). PENGARUH LIKUIDITAS, REPUTASI AUDITOR DAN DISCLOSURE TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 76-85. Retrieved from http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/162