PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO DI PT JAYA MAKMUR SINAR MULIA ABADI

  • Fany Firmansyah Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Euis Hernawati Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem yang melakukan latihan pencatatan, pembulatan struktur, dan pengumuman dengan konstruksi tertentu yang menghasilkan data moneter yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sistem penggajian merupakan suatu hal yang sangat sensitif apabila terjadi kesalahan dalam pencatatannya. Maka dari itu, untuk membuat sistem informasi akuntansi penggajian yang akurat dan efisien, harus terkomputerisasi dengan baik. Tujuan di balik penelitian ini adalah untuk mengubah pencatatan manual menggunakan aplikasi desktop yang bernama Microsoft Visual Studio dan database Microsoft access versi tahun 2010 dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi yang berguna untuk memudahkan bagian kepala keuangan dalam mengolah sistem penggajian karyawan dan agar mengurangi resiko kesalahan dalam menginput gaji karyawan di PT. Jaya Makmur Sinar Mulia Abadi.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
DEVINA, P. R. (2015). EVALUASI SISTEM PENGGAJIAN DI KANTOR PERWAKILAN BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN (BPKP) PROVINSI JAWA TIMUR. STIE PERBANAS SURABAYA.
Mangkulo, H. A. (2013). Microsoft Access 2010 untuk pemula. Elex Media Komputindo.
Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan perancangan sistem. Abdi Sistematika.
Ni’matuzahroh, S., & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi: Teori dan Aplikasi Dalam Psikologi (Vol. 1). UMMPress.
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.
Rama, J. (2008). Sistem Informasi Akuntansi 1. Penerbit Salemba.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I. D., & Sasangka, I. (2021). Model Tata Kelola Amal Usaha Muhammadiyah Berbasis Sistem Informasi Manajemen Di Wilayah PDM Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 63-78.
Published
2021-10-09
How to Cite
Firmansyah, F., & Hernawati, E. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO DI PT JAYA MAKMUR SINAR MULIA ABADI. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1298-1308. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss3.pp1298-1308