FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

(Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017)

  • Ines Mutiara Junaedi Universitas Telkom

Abstract

Perkembangan jaman saat ini memicu persaingan antar perusahaan yang semakin kompetitif, sehingga membuat perusahaan berperilaku terlewat batas dalam memanfaatkan sumber daya dan lingkungan yang dikonsumsinya tanpa adanya pertanggung jawaban dari pihak perusahaan. Selain itu, kondisi dunia yang semakin hari semakin tidak menentu seperti terjadinya kemiskinan, globalwarming, dan kesehatan masyarakat yang semakin meningkat menuntut perusahaan untuk dapat mengungkapkan tanggung jawab sosialnya kepada seluruh stakeholder. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia masih terbilang rendah dari pada negara Eropa yang sudah lebih dulu memperhatikan masalah lingkungan sosial, padahal pemerintah sudah dengan jelas menyatakan dalam UU PT pada pasal 74 No.40 tahun 2007 bahwa perusahaan wajib melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan, dan apabila tidak dilakukan maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Penelitian ini akan dilakukan pengukuran faktor-faktor yang memengaruhi   pengungkapan    tanggung   jawab     sosial    perusahaan    pada   laporan   tahunan

perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial variabel kepemilikan asing, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada industri manufaktur yang terdafatr di BEI periode 2017.

            Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan keuangan industri manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2017. Metode pengambilan sampel menggunkan purposive sampling sehingga didapatkan total sampel sebanyak 90 perusahaan dari seluruh sektor manufaktur. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan statistik deskriptif.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemilikan asing, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan umur perusahaan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Secara parsial variabel kepemilikan asing, profitabilitas, dan leverage tidak berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, sedangkan untuk variabel ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

            Hasil penelitian ini diharapkan bagi penelitian selanjutnya menggunakan variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Bagi pihak manajemen perusahaan sebaiknya perlu untuk memperhatikan laporan pengungkapan tanggung jawab sosial karena hal ini akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Bagi investor sebaiknya memperhatikan tingkat ukuran perusahaan dan umur perusahaan karena perusahaan yang mempunyai ukuran perusahaan yang besar dan umur perusahaan yang lebih lama akan melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial sehingga akan mempengaruhi terhadap keberlangsungan usaha.

References

Adhi, Nurseto. (2012). “Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Sukarela dan Implikasinya terhadap Asimetri informasi” Skripsi, Semarang:Undip.

Almiyati, Vira. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Basis Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Hal 11.

Anthony, Robert N dan Vijay Govindarajan. (2007). Management Control Systems 12th Edition. New York: McGraw-Hill.

Ardito R. (2018, 10 Juli). Polemik Susu Kental Manis yang Dijawab BPOM. Kompas.com [Online]. Tersedia: https://megapolitan.kompas.com [15 Oktober 2018]

Giannarakis, Grigoris (2014). Governance and Financial Characteristic Effects on the Extent of Corporate Social Responsibility Disclosure. Journal, Vol. 10 Issue: 4, pp.569-590.

Habbash Murya, (2016). Corporate Governance and Corporate Social Responsibility Disclosure. Social Responsibility Journal, Vol.12 Issue:4, hlm. 740-754.

Hackston, David and Markus J. Milne. 1996. Some determinants of Social and Enviromental Disclosure in New Zealand Companies. Accounting Auditing and Accountability Journal, Vol.9, No. 1. P. 77-108.

Handoko, Yunus (2014). Implementasi Social and Environmental Disclosure dalam Perspektif Teoritis. Jurnal JIBEKA Vol 8 No 1.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan: Pendekatan Rasio Keuangan. Yogyakarta: CAPS.

Kasmir, (2014). Analisis Laporan Keuangan (Edisi I, Cetakan Ke VII). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok : PT. Rajagrafindo Persada.

Lanis, Roman. dan Richardson, Grant. (2013). Corporate Social Responsibility and Tax Aggressiveness: a test of legitimacy theory. Accounting Auditing and Accountability Journal, Vol. 26 No 1, pp.75-100.

Lina, Anata. (2013). Corporate Social responsibility (CSR): Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Kristem Maranatha.

Okoye Emma dan Adeniyi Segun (2018). Company Age and Voluntary Corporate Social Disclosure in Nigeria. Academic Journal of Economic Studies Vol.4 No.2 Hlm 138-145.

Purba Ida Bagus dan Yadnya Putu (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Pengungkapan (CSR). E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.4. No.8. Hlm 2428-2443.

Ramadhan, Perdana Putra. (2014). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Diponogoro Journal of Accounting Vol.3 No.3.

Rohmah, Dita. (2015). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Dalam Laporan Sustainability. Skripsi pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: diterbitkan

Santosa Agus, Utomo Supri, dan Astuti Elly (2017). Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Vol.5 No.1 Hlm. 836-853.

Sari, Komala. (2014). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Institut Manajemen Telkom.

Saril Yasmira, Suzan Leny, dan Budiono Eddy (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. e-Proceeding of Management : Vol.4, No.2. Page 1534

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumilat Hillary dan Destriana Nicken (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility.Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol.19, No.1a, Hlm. 129-140.

Syahrul, M. (2015, 15 Januari). PT Sido Muncul Sudah Dua Kali Bermasalah dengan Limbah. Regional Kompas [Online]. Tersedia: http://regional.kompas.com [13 oktober 2018]

Urip, Sri (2014). Strategi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan untuk Peningkatan Daya Saing Perusahaan di Pasar Negara Berkembang. (1 Maret 2014). Tanggerang Selatan: Lentera Hati.

UU Perseroan Terbatas Nomor 40 Tahun (2007) Sejak tanggal 23 September (2007) Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility Disclosure) mulai diwajibkan. Jakarta: UU PT No. 40 Tahun (2007). Pasal 74

UU Penanaman Modal Nomor 25 Tahun (2007) pasal 1, 12 dan 34

Wiyono, Gendro dan Kusuma, Hadri (2017). Manajemen keuangan Lanjutan (Januari 2017). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Wulandari Anak Agung dan Sudana I Putu (2018) Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Manajemen, dan leverage pada Intensitas Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.22.2.

Wulansari, Fitri. (2008). " Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Sukarela dalam laporan tahunan". Skripsi, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

www.idx.co.id, mengunduh laporan keuangan dan tahunan 90 perusahaan sektor manufaktur. Diakses pada tanggal 25 September 2018.

Published
2019-06-02
How to Cite
Junaedi, I. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), IN PRESS. Retrieved from http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/152