PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM PRIMKOP KARTIKA VIYATA VIRAJATI SESKOAD BANDUNG

  • Resha Setiawan Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Jeremy Joseph Jonathan Riestario Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Rita Zulbetti Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Abstract

Riset ini bertujuan guna mengetahui gambaran tentang macam mana pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan anggota Koperasi Primkop Kartika Viyata Virajati Sekoad Bandung. Riset ini terhitung tipe riset kuantitatif. Populasi yang diambil pada riset ini yaitu anggota koperasi Primkop Kartika Viyata Virajati Sekoad Bandung sebanyak 674 orang yang beralamatkan dijalan Gatot Subroto No. 96 Bandung, Jawa Barat. Jumlah sample yang  diambil dalam riset ini ialah berjumlah 87 responden serta metode pengambilan ilustrasi yang digunakan merupakan sederhana random sampling. Metode pengumpulan informasi yang diambil buat riset ini lewat kuesioner untuk responden yang disebar dengan alat bantu google form. Analisis informasi terlebih dulu dicoba dengan metode mencari validitas, reabilitas, uji kontribusi, dan uji asumsi klasik. Hasil riset membuktikan kalau mutu pelayanan sangat mempengaruhi penting terhadap kepuasan anggota Koperasi Primkop Kartika Viyata Virajati Seskoad Bandung dengan hasil uji t, diperoleh  nilai t hitung 3, 848 > t tabel 1, 988 dan nilai sig. 0, 000 < 0, 005.

References

Bahri, S., & Zamzam, F. (2015). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-AMOS.
Corie Mei Hellyana. (2013). Peningkatan Kualitas Pelayanan Koperasi Simpan Pinjam Melalui Knowledge Management System. Bianglala Informatika, 1(1), 1–13.
Cucu Sumartini, L., & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124
Eliyawati, W., Sutjipta, N., & Putra, I. G. S. A. (2016). Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Unit Desa Suraberata Kecamatan Selemadeg Barat. Jurnal Manajemen Agribisnis Universitas Udayana Bali, 4(1), 68–80.
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 130–147.
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240
Harfika, J., & Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance, XIV(1), 44–56. file:///E:/SEMESTER 6/SINTA KEPERCAYAAN, FASILITAS/FASILITAS (9).pdf
Indah, F. N. (2016). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BANK TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUN. An-Nisbah, 03(01), 145–168.
Indahniar, arkinanti hanumi, R, ike kusdyah, & Fathorrahman. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BUDAYA AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MELALUI BRAND IMAGE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI DESTINASI PARIWISATA, POLITEKNIK KOTA MALANG.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen.
Masyururoh, R., & Aisyah, S. (2021). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM. 1(2).
Meftahudin. (2017). PENGARUH KUWALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI ARYADANA WONOSOBO DENGAN KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI VAREABEL INTERVENING. 175–186.
Muhammad, A. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Anggota Dalam Memanfaatkan Produk Koperasi : Studi Kasus Pada Koperasi Bahrul Ulum Subang. 3(1), 52–58.
Rahayu, P. G., & Tanjung, M. S. (2019). Strategi Pemasaran Tabungan Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Rangking Aur. 1–13. https://doi.org/10.31219/osf.io/xvyc8
Rosidah. (n.d.). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DALAM ORGANISASI. 1994.
Samtono, S. (2018). Pengaruh Partisipasi Anggota, Iklim Organisasi, Terhadap Kepuasan Anggota Yang Dimediasi Kinerja Pengurus Sebagai Variabel Intervening Pada Koperasi Dwipanti Kota Salatiga Tahun 2018. Among Makarti, 11(1), 51–68. https://doi.org/10.52353/ama.v11i1.161
Sarinastiti, A. L. (2021). pengaruh kualitas produk dan kualitan pelayanan terhadap kepuasan konsumen.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2021-09-17
How to Cite
Setiawan, R., Riestario, J. J. J., & Zulbetti, R. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM PRIMKOP KARTIKA VIYATA VIRAJATI SESKOAD BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 513-522. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1490