PENGARUH WORKING CAPITAL, LIKUIDITAS, DAN OPERATING CASH FLOW TERHADAP PROFITABILITAS

  • Yeni Rafita Sihombing Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Yermi Br Hutabarat Universitas Prima Indonesia, Medan

Abstract

Melakukan analisis pada variabel working capital, likuiditas dan operating cash flow adalah tujuan dari dilakukannya penelitian ini. Dalam penelitian ini akan dibuktikan apakah setiap variabel working capital, likuiditas dan operating cash flow dapat memberikan pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel profitabilitas pada perusahaan aneka industri, industri dasar dan kimia. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang dipilih karena pendekatan ini mengharuskan data yang digunakan adalah data yang berbentuk angka dan menggunakan metode statistika yaitu analisis regresi linier berganda dalam pengolahan datanya. Purposive sampling adalah suatu teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini, dimana sampel yang terpilih terdiri dari 42 perusahaan. Maka diperoleh hasil dalam penelitian ini yaitu diperoleh variabel working capital memberikan pengaruh positif terhadap profitabilitas begitu juga dengan variabel likuiditas berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Hasil ini berbeda untuk  variabel operating cash flow , dimana variabel operating cash flow tidak memberikan pengaruh terhadap profitabilitas. Untuk hasil uji penelitian variabel secara simultan diperoleh hasilnya adalah working capital, likuiditas dan operating cash flow memberikan kontribusi pengaruh yang positif  terhadap profitabilitas.

References

Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Jakarta: Universitas Diponegoro.
Hantono. (2017). Konsep Analisis Laporan Keuangan Dengan Pendekatan Rasio Dan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Harmono. (2015). Manajemen Keuangan (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan (1st ed.). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Ikhsan, Alfurkaniati, S., L, S., & Dalimunthe, M. I. (2016). Analisis Laporan Keuangan (1st ed.). Medan: Madenatera.
Jumingan. (2015). Analisis Laporan Keuangan (5th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Kamaludin, I. (2012). Manajemen Keuangan. Bandung: Mandar Maju.
Kasmir. (2010). Analisis Laporan Keuangan (3rd ed.). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan (5th ed.). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Munadhiroh, Attin., Nurchayati. 2015. Pengaruh Arus Kas Operasi Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar Di BEI). Jurnal. Vol.4 No.3, Agustus 2015.
Munawir. (2014). Analisis Laporan Keuangan (4th ed.). Yogyakarta: Liberty.
Rudianto. (2009). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Erlangga.
Sitanggang. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan (2nd ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sjahrial, D., & Purba, D. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyadi, & Purwanto. (2004). Metodologi Penelitian. Gramedia Pustaka Utama.
Syamsuddin, L. (2013). Manajemen Keuangan Perusahaan (12th ed.). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utari, D., Purwanti, A., & Prawironegoro, D. (2014). Manajemen Keuangan : Kajian Praktik dan Teori dalam Mengelola Keuangan Organisasi Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Yanthi, Novia Dwi., Sudiartha, Gede Merta. 2017. Pengaruh Likuiditas dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi. Jurnal. Vol 6 No. 9, 2017.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2021-09-15
How to Cite
Sihombing, Y., & Hutabarat, Y. (2021). PENGARUH WORKING CAPITAL, LIKUIDITAS, DAN OPERATING CASH FLOW TERHADAP PROFITABILITAS. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 436-453. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss3.pp436-453