PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UKM MART KARTIKA WIDYA UTAMA

  • Hera Septiani Patmala Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Dian Candra Fatihah Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Abstract

Tujuan dibalik penelitian ini adalah agar memahami bagaimana kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan pembelian pada UKM Mart Kartika Widya Utama. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu metode kuantitatif yang dilakukan melalui pengumpulan data dari praktek kerja lapangan (PKL), kuesioner, dan studi pustaka yang memiliki korelasi yang cukup erat antara variabel X dan variabel Y. Populasi penelitian ini yaitu para pelanggan dan sampel pada penelitian ini sebanyak 38 responden. Penelitian ini dipergunakan data primer yang berasal dari kuesioner dengan estimasi skala Likert yang diolah secara statistik melalui program SPSS Versi 25.0. Berdasar pada hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, kesimpulannya yaitu bahwa kualitas pelayanan erat kaitannya dengan keputusan pembelian. Hal tersebut diketahui dari skor koefisiennkorelasi kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian senilai 0,704 pada interval taraf korelasi yang kuat. Selanjutnya hasil uji hipotesis T yang membuktikan bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian sudah diterima sebab mempunyai skor Thitung di atas Ttabel (5,995 > 1,688). Kemudian hasil perhitungan koefisien determinasi senilai 49,6%. Saran yang diberikan yaitu agar UKM Mart Kartika Widya Utama dapat melakukan promosi usaha melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram atau Facebook agar lebih mudah dikenal konsumen sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran.

References

Ardiansyah A. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Amarta Mlilir Jl. Ponorogo-Madiun. Published online 2019.
Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran jasa. Andi : Yogyakarta.
Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hardiyansyah H. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator Dan Implementasinya. Gava Media: 2018.
Hendri, Ma’ruf. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama : 2005;(217)
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada. Depok.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2016. Principle Of Marketing. 15th Global Edition. Pearson.
Kurniawan, Robert dan Yuniarto, Budi. 2016. Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: Kencana.
Raya, MKF. Marketing Jasa Di Institusi Pendidikan (Analisis Pemasaran Dalam Pendidikan). FALASIFA J Stud Keislam. 2016;7(1):21-52.
Sari RDK, Arifin R, Hufron M. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Minimarket”(Studi Pada Pelanggan Minimarket Swalayan Sauli Mart Kesamben). J Ilm Ris Manaj. 2020;9(11).
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sasangka I. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart’90 Bandung. J Ilm MEA (Manajemen, Ekon Akuntansi). 2018;2(1):129-154.
Sejati, B.S.A., & Yahya Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3)
Soenawan AD, Malonda ES, Perhotelan PM, et al. Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D ’ Stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. :395-409.
Stoner, James A.F, wankel,Charles, Perencanaan Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1993.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018 Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor, 2011.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian
Published
2021-10-06
How to Cite
Patmala, H., & Fatihah, D. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UKM MART KARTIKA WIDYA UTAMA. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1154-1170. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss3.pp1154-1170