ANALISIS PROFIL KONSUMEN PENGGUNA PRODUK REMPAH DAN HASIL OLAHAN REMPAH

  • Nisfi Lutfian Amalul Ahli Penulis
  • Kristina Sisilia Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Permintaan akan rempah dan hasil olahan rempah untuk lokal Indonesia hingga pasar ekspor senantiasa meningkat setiap tahunnya, termasuk di masa pandemi Covid-19 saat ini. Berbagai jenis, merek, kemasan, harga dari produk rempah dan hasil olahan rempah dapat diakses oleh konsumen individu maupun konsumen korporat, baik melalui warung hingga supermarket dan secara online melalui berbagai media penjualan. Beberapa hal terkait kualitas hasil olahan rempah dan rempah masih dimintakan oleh konsumen, sehingga informasi dan transparansi menjadi kebutuhan konsumen. Dari sisi petani juga perlu dibantu untuk mendapatkan informasi apa saja yang dimintakan oleh konsumen di Indonesia saat ini. Penelitian ini melaporkan hasil temuan terkait profil konsumen individu pengguna hasil olahan rempah dan rempah, tentang apa yang mereka lihat, dengarkan, rasakan, problem dan harapan untuk rempah tersebut. Riset kualitatif deskriptif ini menggunakan wawancara dengan pertanyaan pemicu yang telah disesuaikan pada metode Peta Empati pada 5 (lima) orang informan. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumen individual tersebut membutuhkan informasi yang lebih akurat dan detil tentang bagaimana hasil olahan rempah dan rempah tersebut diproduksi, dikemas, kandungannya, kegunaannya, hingga informasi harga. Penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan platform Merempah dan sekaligus untuk bisnis sejenis, juga pemerintah dapat menggunakannya sebagai insight untuk kebijakan perdagangan hasil olahan rempah dan rempah.

References

Aji, D. (2018, Februari 03). darmawanaji.com. Retrieved from darmawanaji.com: https://darmawanaji.com/emphaty-map-proses-untuk-memahami-kebutuhan-calon-user/
CNN Indonesia . (2020, 03 06). cnnIndonesia . Retrieved from cnnIndonesia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200306123847-92-481058/rempah-rempah-diburu-karena-virus-corona-harga-melambung
Firmansyah , M. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Cv Budi Utama .
Franata , R. (2020). Analisis Profil Konsumen Manen.id Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Peta Empat. Universitas Telkom, Administrasi Bisnis, Bandung.
Franata, R. (2020). Analisis Profil Konsumen Manen.id Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Peta Empat. Universitas Telkom, Administrasi Bisnis, Bandung.
Franzak, F. and Pitta, D., 2005. New Product Development at Eastern Spice & Flavorings. Journal of Product & Brand Management 14/7. pp. 462-467
GBG Indonesia. 2017. Indonesia’s Spice, Seasoning and Condiment Sectors: Limited by Poor Supply Chains. http://www.gbgindonesia.com/en/manufacturing/article/2017/indonesia_s_spice_seasoning_and_condiment_sectors_limited_by_poor_supply_chains_11706.php
Istiqomah , N. (2017). Analisis Penentuan Segmen, Target, dan Posisis, pasar Pada Konveksi Amalika Jepang Pakis Kudus. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus , Syari'ah dan Ekonomi Islam, Kudus.
Jez. (2020, November 30). BBC Indonesia. Retrieved from BBC News Indonesia: https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-55097712
Mahdy, R. (2016). Pemahaman Profil Konsumen Pengguna jasa Asisten Rumah Tangga Di Kota Bandung Menggunakan Bantuan Peta Empati. Universitas Telkom.
Mamik. (n.d.). Metodokogi Kualitatif . Sidoarjo: Zifatama Publisher .
Nainggolan, N., & dkk. (2020). Perilaku Konsumen Di Era Digital. Yayasan Kita Menulis .
Nugroho, E. (2018). Prinsip-Prinsip Menyusun Kuesioner. Malang : Tim UB Press.
Nugroho, I. (2019). Analisis Profil Konsumen Pada Bisnis Wisata Rest Area Pasir Jambu-Ciwidey. Univesritas Telkom, Administrasi Bisnis.
Prabasari, W. (2020). Identifikasi Profil Konsumen KITA (Wisata Keliling Indonesia ) Dengan Metode Peta Empati. Universitas Telkom, Administrasi Bisnis, Bandung.
Prabasari, W. (2020). Identifikasi Profil Konsumen KITA (Wisata Keliling Indonesia ) Dengan Metode Peta Empati. Universitas Telkom, Administrasi Bisnis, Bandung.
Raharjo, B. (2020, April 18). Ekonomi. Retrieved from republika.co.id/: https://republika.co.id/berita//q8z5zq415/tanaman-obat-makin-menjanjikan-di-tengah-pandemi-covid-19
Rahmawati . (2016). Manajemen Pemasaran . Samarinda : Mulawarman University PRESS.
Siregar , O., Selwendri, Maulidina, & Abdillah, M. (2020). Penerapan Bisnis Model Canva Sentral UMKM. Medan : Puspantara.
TribunJogja. (2020, 03 21). TribunJogja.com. Retrieved from jogja.tribunnews.com: https://jogja.tribunnews.com/2020/03/21/kementan-perluas-kawasan-tanaman-rempah-setelah-konsumsi-meningkat
Zakariah , M., Afriani , V., & Zakariah, K. (2020). Metodologi Penelitian . Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2021-09-03
How to Cite
Ahli, N., & Sisilia, K. (2021). ANALISIS PROFIL KONSUMEN PENGGUNA PRODUK REMPAH DAN HASIL OLAHAN REMPAH. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 199-213. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss3.pp199-213