PENGARUH BUDAYA DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DI KABUPATEN KARAWANG

  • Kinanti Putri Herdani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ina Ratnasari Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Dilakukannya penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh budaya dan kelompok referensi terhadap keputusan penggunaan aplikasi TikTok pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Karawang. Metode yang dipakai pada penelitian ini berjenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Karawang. Banyaknya sampel yang dipakai sebesar 100 responden yang merupakan pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Karawang. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji reliabilitas, uji validitas, uji normalitas, analisis korelasi berganda, regresi linier berganda, uji T dan uji F. Diperoleh hasil olah data berupa : (1) Secara parsial budaya memberikan pengaruh positif dan signiifikan terhadap keputusan penggunaan. (2) Secara parsial kelompok referensi memberikan pengaruh positif dan signiifikan terhadap keputusan penggunaan. (3) Secara simultan budaya dan kelompok referensi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan.

References

Adil, E., & Samrin. (2016). Pengaruh Budaya dan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT>Bina Langgeng Lestari ( TONY MOLY COSMETIC ) MEDAN. JURNAL Manajemen, 6(1), 30–38.
Aprilia, L., & Wibowo, L. A. (2016). Pengaruh Faktor Individu Dan Sosial Terhadap Keputusan Menggunakan (Survei pada Pengguna Aplikasi Mobile Messaging di Kota Bandung). Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 205–215. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2289
Fadrin, S., Lestari, R. S., & Boer, R. F. (2021). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Minat Audisi Mojang Jajaka Kota Bogor 2019 JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). Jurnal Ilmiah (MEA) Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(2), 271–284.
Ghozali, Moh ; Bakhri, syaeful ; Muhamad, A. S. (2021). Faktor Brand Image Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk MaoMao Thai Tea. Jurnal Ilmiah (MEA) Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(2), 643–659.
Pusparisa, Y. (2020). Negara Pengguna TikTok Terbesar, Indonesia Bukan Yang Pertama. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/07/06/negara-pengguna-tiktok-terbesar-indonesia-bukan-yang-pertama
Salbiah, N. A. (2020). 5 Media Sosial Paling Populer di Dunia Sepanjang Kuartal Kedua 2020. Jawa Pos. https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/aplikasi/23/08/2020/5-media-sosial-paling-populer-di-dunia-sepanjang-kuartal-kedua-2020/
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sugiyono. (2017). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharto. (2016). Pengaruh Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Sosial Dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan. Derivatif, 10(1), 26–44.
Sumarwan, U. (2017). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (R. Sikumbang (ed.); 2nd ed.). Ghalia Indonesia.
Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuesioner dan Analisis Data (Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen). Graha Ilmu.
Uqdi, A. N., Rachmi, A., Niaga, A., & Malang, P. N. (2018). Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Pemutar Musik Online Spotify. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 177–181.
Published
2021-09-01
How to Cite
Herdani, K., & Ratnasari, I. (2021). PENGARUH BUDAYA DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DI KABUPATEN KARAWANG. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1-14. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss3.pp1-14